8 Tips Memilih Wedding Venue Anti Gagal, Wujudkan Pernikahan Impian!

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Pembahasan kali ini akan berkisar pada tips memilih wedding venue yang tepat. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan, usahakan sedari jauh hari sudah memikirkan konsep seperti apa yang akan kamu tuangkan dalam pernikahan. Sehingga nantinya tidak kesulitan lagi untuk memutuskannya.

Bagi sebagian orang melangsungkan prosesi pernikahan impian merupakan salah satu goals yang wajib untuk diupayakan. Sehingga akan melibatkan banyak pihak dan juga proses yang tidak singkat. Pasalnya hal ini jelas karena pernikahan tersebut menjadi pertama dan terakhir kalinya bagi siapapun.

Memberikan yang terbaik dan paling berkesan kepada diri sendiri juga tamu yang hadir merupakan kepuasan tersendiri. Karena ini merupakan moment yang pertama bagi calon pengantin, kami akan memberikan tips khususnya.

Tips Memilih Wedding Venue Anti Gagal

Lokasi yang akan digunakan untuk prosesi pernikahan sering disebut dengan wedding venue. Ketika memilih tempat ini kita perlu memperhatikan beberapa hal utamanya. Sebab itulah kamu yang tengah mempersiapkan pernikahan silakan simak selengkapnya.

Kami akan memberikan langkah yang membantu untuk mendapatkan venue pernikahan paling cocok untuk kamu pilih. Langsung saja ikuti langkah di bawah ini untuk mewujudkan keinginan pernikahan sesuai impian kamu.

1. Cek Tanggal Pernikahan

Berhubungan dengan iklim yang ada di Tanah Air kita ini, dari jauh hari perlu dicek. Biasanya ketika akan menikah, beberapa budaya yang ada di Indonesia sudah mempersiapkan hari baik tersebut. Nah, tanggal pernikahan tersebut jatuh pada musim apa, ini akan menjadi kunci utamanya.

Baca Juga  8 Tips Membuat Undangan Pernikahan Unik yang Simpel dan Elegan

Khususnya untuk orang yang memiliki impian untuk menikah secara outdoor. Tidak semua tanggal bisa kita gunakan untuk melangsungkan acara di luar ruangan. Sebab itulah perlu jauh hari memperhitungkan tanggal pernikahan tersebut.

Semakin aman kita perlu mengecek juga prakiraan cuaca pada tanggal tersebut. Jadi jangan langsung menentukan akan menggunakan langkah selanjutnya jika belum mendapatkan konfirmasi tanggal pastinya.

2. Perhitungkan Budget untuk Venue

Kedua, tips memilih wedding venue adalah menyadari budgetnya. Jika tidak ingin membuat bengkak biaya pernikahan kamu perlu hitung budget sedari awal. Membuat perkiraan untuk budget resepsinya tersebut secara khususnya.

Sebab itulah nanti venuenya tidak akan terlalu mahal dan kamu juga bisa memiliki acuan untuk memilih venue tersebut. Semakin jelas seberapa budget yang kamu miliki akan bisa memberi batasan langsung, sehingga tidak memilih sembarangan. Bahkan tidak membuang biaya pernikahan pada pemilihan venue yang sembarangan.

Silahkan sedari awal untuk memperkirakan biaya pernikahan kamu tersebut. Hal ini tentunya juga untuk membantu hindari membengkaknya biaya seluruh pernikahan.

3. Konsep Pernikahan

Selanjutnya untuk menentukan venue kita bisa menilik lagi konsep pernikahan impian. Masuk dalam tips memilih wedding venue, setelah menentukan tanggal dan budget tentu saja kita perlu pertimbangkan konsepnya. Jika kamu memang sedari awal memiliki keinginan untuk melangsungkan pernikahan dengan tema yang khusus.

Silahkan list dahulu, mana konsep yang akan cocok untuk dilaksanakan pada cuaca tanggal pernikahan tersebut. Misalnya outdoor, kamu bisa memilih konsep taman, pantai, hutan, bahkan tempat lain yang menjadi impian kamu. Namun jika lebih menyukai tempat tertutup kamu bisa memilih seperti gedung pernikahan khusus, hotel, balai, villa, rumah sewa, atau pendopo.

Kini banyak sekali referensi untuk menentukan konsep yang akan mewujudkan pernikahan impian kamu tersebut. Jadi jangan lewatkan untuk menentukan konsep yang paling kamu impikan selama ini. Nantinya akan wujudkan pernikahan tidak terlupakan bagi kamu seumur hidup.

Baca Juga  11 Persiapan Prewedding Outdoor Agar Lebih Maksimal, Ini Langkahnya!

4. Cek Kapasitas Tamu Undangan

tips memilih wedding venue
Prosesi pernikahan

Tips memilih wedding venue selanjutnya adalah mengecek kapasitas tamu undangan yang di list akan hadir. Biasanya ketika akan melangsungkan pesta pernikahan akan memiliki perkiraan untuk total tamu yang hadir. Baik tamu dari pihak pengantin perempuan dan pihak laki-lakinya.

Selain itu rundingkan pada orang tua, sehingga tidak menimbulkan prosesi yang kurang tempat. Biasanya setiap memilih lokasi akan ada kapasitas jumlah kunjungan. Jangan melanggar dari perkiraan yang sudah tertulis di lokasi berlangsungnya acara tersebut.

Tamu yang sampai tidak mendapatkan kursi atau semacamnya tentu akan memberikan ketidaknyaman para tamu undangan. Otomatis acara kamu akan mendapatkan penilaian buruk dari tamu yang hadir tersebut.

5. Pertimbangkan Lokasi

Setelah mendapatkan beberapa opsi pilihan lokasi yang paling cocok dengan beberapa hal sebelumnya, kita perlu mempertimbangkan lokasi. Tips memilih wedding venue ini berhubungan dengan alamat dari lokasi yang sudah cenderung kamu sukai tersebut.

Menghindari akses sulit dan terlalu jauh untuk dijangkau mayoritas tamu-tamu kamu. Usahakan alamatnya tidak terlalu jauh dari tempat kamu bermukim. Sehingga kerabat terdekat juga kenalan sekitar tidak terlalu sulit selama perjalanan tersebut.

Jangan membuat perjalanan jauh yang bahkan membuat boros juga. Kita akan lebih baik menjamu dengan baik tamu-tamu tersebut sebagai bentuk perhatian dari calon pengantin tersebut.

6. Cek Lokasi Menyeluruh

Nah lanjut untuk tips memilih wedding venue yang tidak kalah penting adalah mengecek lokasi menyeluruh. Apabila sudah menentukan kamu bisa cek semua bagian dari tempat tersebut. Usahakan kondisi sesuai dengan perkiraan kita sebelumnya.

Misalnya lantai, atap, akses, dan semacamnya. Kita juga akan lebih mengenal lokasi dengan baik apabila sudah memastikan dengan menyeluruh tersebut. Berhati-hati dan teliti dalam memilih merupakan kunci penting menentukan venue tersebut.

Baca Juga  9 Tips Membuat Undangan Wedding Low Budget, Wajib Tahu!

Biasanya seperti pada bagian kamar mandiri khusus untuk pria dan wanita yang terpisah. Bahkan pada bagian tempat untuk proses loading barang atau semacamnya. Demi mendukung prosesi berjalan dengan baik dan lancar.

7. Cek Area Parkiran

Jangan lupa cek area parkiran, tips memilih wedding venue ini sering orang lupakan. Padahal ini tentu akan membuat nyaman tamu yang hadir. Kapasitas tamu dan area parkir sama pentingnya. Kendaraan yang aman juga membuat berlangsungnya pernikahan terjamin.

Tamu tidak perlu mengkhawatirkan kendaraan yang mereka bawa tersebut. Kamu juga tidak mendapatkan penilaian buruk terhadap acara pernikahan tersebut. Sebab itulah usahakan untuk memilih area dengan parkiran yang aman.

Komunikasikan pada pemilik tempat tersebut bahwa parkiran tersebut memang memiliki penjaga khusus. Sehingga ketika terjadi kehilangan atau kerusakan bisa diusut tuntas. Pasalnya memang ada yang khusus diberikan amanah untuk menjaga lokasi arena parkiran tersebut secara menyeluruh.

8. Cek Catering

Terakhir yang masuk ke tips memilih wedding venue adalah mengecek bagian cateringnya. Makanan atau hidangan pada hari pernikahan menjadi hal penting dan sering orang jadikan patokan berhasil tidaknya sebuah acara. Sebab itulah usahakan kamu tetap mempertimbangkan tempat yang memiliki catering berkualitas.

Makanan yang dipilih bisa cocok dengan konsep pernikahan dan semacamnya. Oleh karena itulah akan lebih baik juga tanyakan sedari awal. Semakin jelas informasinya akan memudahkan untuk memutuskan akan menggunakan tempat tersebut atau tidak.

Jika ingin memilih tempat catering terpisah juga wajib untuk memberitahukan pihak penyedia tempat. Sehingga tidak menyinggung atau terjadi miskomunikasi tentu saja. Jadi silahkan cek terlebih dahulu sebelum memutuskan.


Beberapa tips memilih wedding venue tersebut bisa membantu kamu mempersiapkan pernikahan impian. Semoga bisa membantu dan mengurangi keresahan kamu terkait persiapan pernikahan.

Leave a Comment