Kumpulan Kata Kata Undangan Online WA untuk Pernikahan

Kumpulan Kata Kata Undangan Online WA untuk Pernikahan

satumomen.com – Ada banyak ide kata kata undangan online WA untuk acara pernikahan yang masih tetap sopan dan tidak mengurangi rasa hormat. Sehingga, hal ini bisa mempermudah kamu untuk membagikan undangan pernikahan ke teman maupun kerabat dekat tanpa harus datang langsung ke rumahnya.

Terkadang hal tersebut juga dijadikan solusi yang tepat jika kamu sudah terlalu sibuk mempersiapkan segala hal dan tidak sempat untuk memberikannya langsung. Terlebih lagi jika seseorang yang ingin kamu beri undangan rumahnya lumayan jauh atau sudah beda daerah.

Maka dari itu, mengirimkan undangan pernikahan melalui WhatsApp seringkali dijadikan solusi. Lantas bagaimana kata-kata undangan pernikahan yang cocok untuk dibagikan melalui WhatsApp. Nah, berikut ini beberapa langkah-langkah beserta contohnya.

Tata Cara Menulis Kata Kata Undangan Online WA

Kata Kata Undangan Online WA

Zaman sekarang ini teknologi komunikasi tentu sudah berkembang pesat. Dengan begitu, tentunya akan semakin mempermudah orang banyak dalam menyebarkan informasi melalui media digital.

Nah, hal ini juga seringkali juga dimanfaatkan untuk menyampaikan sebuah pengumuman, salah satunya undangan pernikahan. Banyak masyarakat di Indonesia yang juga sudah menerapkan metode undangan digital ini.

Mereka memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp untuk melakukan hal tersebut. Sehingga, fungsi WhatsApp saat ini tidak hanya untuk mengirim pesan maupun bertelepon. Melainkan juga digunakan sebagai ladang bisnis serta media untuk menyebarkan undangan.

Nah, jika kamu berkeinginan untuk mengirim undangan melalui WhatsApp, tentunya juga harus mengandung informasi yang tepat. Selain itu, bahasanya juga harus tetap sopan serta juga tidak mengurangi rasa hormat.

Pada umumnya, informasi yang wajib ada yaitu meliputi tanggal, waktu, maupun tempat acara dilaksanakan. Tak hanya itu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Nah, daripada kebingungan, langsung saja perhatikan beberapa tata cara berikut ini.

1. Penggunaan Bahasa

Ketika ingin membuat kata kata undangan online WA, tentu kamu juga wajib untuk mempertimbangkan penggunaan bahasa yang tepat. Hal tersebut karena setiap jenis undangan tentunya dikemas secara berbeda-beda. Gaya bahasa itu terdiri dari bahasa yang santai, formal, daerah, bahkan yang mempunyai unsur-unsur keagamaan.

Nah, misalnya kamu ingin membuat surat undangan pernikahan untuk dikirimkan melalui WA, maka gaya bahasa yang dapat kamu pilih yaitu bisa formal, atau menyesuaikan dengan orang yang ingin kamu tuju.

Sehingga walaupun hanya dilakukan dengan sistem digital, bukan berarti penggunaan bahasa hanya santai dan bebas. Melainkan kesopanan dalam memberi pengumuman juga penting untuk diperhatikan.

2. Perhatikan Penulisan Kalimatnya

Masalah penulisan kalimat undangan juga menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga, jangan berasumsi karena hanya menggunakan media sosial, kamu menjadi semena-mena untuk menulis kalimatnya.

Walaupun undangan yang dikirimkan melalui WhatsApp hanya singkat dan tidak bertele-tele, namun mempersingkat kata dalam undangan itu tidak dibenarkan. Tata krama penulisan kata juga tetap harus diprioritaskan.

Dengan begitu, kamu juga harus menulis kalimat undangan sesuai dengan PUEBI. Nah, dengan hal tersebut, kesan undangan yang akan kamu kirimkan nanti menjadi lebih sopan.

3. Pemilihan Jenis Font

Pemilihan jenis font juga menjadi hal yang penting dalam menyusun kata kata kata undangan online WA. Mengapa demikian? Hal tersebut juga dapat mempengaruhi kualitas undangan yang kamu buat.

Maka dari itu, usahakan memilih font yang mudah untuk dibaca. Jika ingin mempertegas suatu kalimat yang ada di dalam undangan, kamu cukup menebalkan teks tersebut. Terkadang terlalu banyak menggunakan jenis font bukan berarti akan menambah kesan yang menarik. Melainkan hanya akan membuatnya menjadi lebih ramai dan sedikit berlebihan.

Jadi, itulah serangkaian tata cara yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai menulis kata kata undangan online WA. Walaupun hanya mengirimkan undangan melalui sistem online atau WA, bukan berarti hanya dibuat asal-asalan, melainkan juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti di atas.

Dengan begitu, maka undangan yang kamu bagikan tersebut akan dinilai lebih berkualitas serta tetap sopan. Nah, untuk menambah pemahaman dalam menulis undangan melalui WA, akan lebih baik kamu memperhatikan beberapa contoh penulisan kata-katanya berikut ini.

Contoh Kata-Kata Undangan Pernikahan Melalui WA

kata kata undangan online wa

Berikut ini ada kumpulan contoh kata-kata serta kalimat undangan yang bisa dijadikan referensi untuk dikirimkan lewat WA.

1. Undangan Pernikahan untuk Sahabat, Kerabat, atau Teman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada teman-teman yang terkasih.

Melalui pesan ini, saya ingin memberitahu sebuah kabar yang bahagia. Saya berniat ingin mengundang teman-teman untuk hadir di acara pernikahan yang diselenggarakan pada:

Hari & Tanggal: Minggu, 15 Januari 2023

Pukul: 08.00 WIB – Selesai

Lokasi: 

Saya berharap semoga teman-teman berkenan untuk datang ke acara yang membahagiakan bagi saya ini. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Undangan Pernikahan untuk Masyarakat Umum

Contoh 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan hormat, maka izinkanlah saya mengundang saudara/saudari untuk berkenan hadir dalam acara pernikahan kami, (kamu) dan (pasangan). Acara pernikahan yang berbahagia ini, akan kami gelar pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Demikian surat undangan ini kami buat, akan menjadi suatu kehormatan jika saudara/saudari bisa hadir di acara kami.

Contoh 2

Bismillahirrohmanirrohim

Teruntuk saudara/saudari sekalian

Dalam surat undangan ini, saya berniat ingin mengundang saudara/i sekalian untuk hadir dalam acara pernikahan saya, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal:

Waktu:

Tempat:

Menjadi suatu kehormatan jika saudara/i dapat hadir dalam acara yang membahagiakan bagi saya ini. Untuk itu, saya ucapkan banyak terimakasih.

3. Undangan Pernikahan untuk Orang Penting

Kepada : Bapak/Ibu …

Perihal: Undangan Acara Pernikahan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan surat undangan ini dibuat, saya turut mengundang Bapak/IBu (jabatan orang tersebut) untuk berkenan hadir di dalam acara pernikahan kami.

(Nama kamu dan pasangan)

 

Yang akan digelar pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Demikian surat undangan ini dibuat, besar harapan kami supaya Bapak/Ibu dapat hadir pada acara yang membahagiakan bagi kami ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Undangan Pernikahan Untuk Bos

(Ucapan Salam: Salam pembuka atau Selamat siang, …)

Kepada yang terhormat (nama pimpinan kantor serta jabatan)

Dengan undangan ini, saya bermaksud mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk dapat menghadiri acara pernikahan saya. Untuk acaranya akan digelar pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Menjadi sebuah kehormatan bagi saya jika bapak/ibu berkenan untuk bisa hadir dalam acara tersebut. Atas waktu serta perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

5. Undangan Pernikahan untuk Kerabat Kristen

Contoh 1

(Awali dengan kutipan ayat yang ada di alkitab tentang pernikahan)

Dengan segala kerendahan hati, maka dengan pesan ini saya bermaksud mengundang saudara/i untuk hadir pada acara pernikahan kami:

(Kamu & pasangan)

Waktu: Hari dan tanggal

Lokasi:

Besar harapan kami untuk menanti kehadiran saudara/i sekalian. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih banyak.

Contoh 2

Salom

Melalui surat undangan ini, saya berniat mengundang saudara/i untuk menghadiri acara pemberkatan pernikahan kami, pada:

Hari dan tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Sungguh kami mengharapkan kehadiran anda sekalian untuk dapat memberi doa restu. Demikian surat ini kami buat, saya ucapkan terima kasih.

5. Undangan Pernikahan Bernuansa Islam

Awali dengan kata-kata mutiara atau juga bisa terjemahan potongan ayat al-quran tentang pernikahan.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan rahmat serta ridho Allah SWT, saya bermaksud mengundang Bapak/ibu/saudara untuk menghadiri acara pernikahan kami. Insyaallah akan digelar pada :

Hari: Tanggal dan waktu

Lokasi:

Kami berharap Bapak/Ibu/saudara dapat hadir pada acara yang membahagiakan bagi kami ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Demikian serangkaian tata cara penulisan kata kata undangan online WA beserta contoh-contohnya. Ketika ingin membuat surat undangan yang akan dibagikan dalam WA, pastikan buat kalimat atau kata-katanya singkat namun jelas. Bila perlu, kamu juga dapat menambahkan gambar supaya lebih memberi kesan menarik. Nah, semoga contoh-contoh kalimat undangan pernikahan diatas bisa menginspirasi kamu