Category : ,

7 Tips Mengirim Undangan Online Agar Tetap Sopan

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com - Pada artikel ini kami akan bagikan tips mengirim undangan online. Undangan adalah salah satu elemen yang dibutuhkan dalam sebuah acara. Agar penerima undangan merasa dihargai, maka dibutuhkan etika khusus dalam mengirimkan undangan, terlebih jika Anda berencana mengirimkan undangan digital melalui platform Whatsapp. Seringkali pemilik acara asal mengirimkannya dan mengabaikan tata krama penting.

Lalu, bagaimana sebenarnya etika yang tepat saat akan mengirimkan sebuah undangan?

1. Kirimkan Secara Personal

tips mengirim undangan online

Undangan digital saat ini tengah menjadi primadona. Selain ingin mengikuti perkembangan teknologi, keberadaan undangan digital juga dirasa mampu untuk menghemat budget, karena undangan digital dapat Anda buat sendiri melalui website untuk membuat undangan digital maupun menggunakan jasa buat undangan digital.

Sayangnya, banyak yang mengirimkannya hanya melalui broadcast message. Ada baiknya undangan dikirimkan secara personal tanpa broadcast agar sifat resmi dan personal nya tetap ada.

2. Mengenali Jenis Tamu

tips mengirim undangan online

Sebagai calon mempelai, Anda dan pasangan memiliki beragam jenis tamu yang tidak semuanya berkenan menerima undangan digital. Untuk itu, ada baiknya Anda tetap menyiapkan undangan fisik untuk kerabat atau orang yang lebih tua agar tetap merasa dihargai.

Bagi teman dekat dan rekan kerja, tidak masalah jika Anda mengirimkannya secara online, namun tetap ingat etika ya. Kirimkan secara personal.

3. Memastikan Alamat Email Dan Nomor Hape

Sebelum mengirimkan undangan online kepada teman, kerabat, dan keluarga ada baiknya Anda benar-benar mengecek alamat email dan nomor terbaru dari penerima undangan. Tidak menutup kemungkinan email mereka agar ganti karena alasan tertentu, misal lupa password, ingin memisahkan email pribadi dan pekerjaan, dan alasan lainnya. Anda bisa menghubungi si penerima langsung untuk mendapat konfirmasi.

4. Tips Mengirim Undangan Online Selanjutnya Adalah Konfirmasi

tips mengirim undangan online

Salah satu resiko mengrimkan undangan secara online adalah tidak sampainya undangan karena beragam faktor, mulai dari koneksi internet yang buruk, alamat email atau nomor telepon yang telah ganti, hingga tersangkutnya email didalam folder SPAM.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda memastikan bahwa undangan telah diterima. Hubungi setidaknya 2-3 hari setelah email atau undangan dikirimkan. Hal inilah yang wajib dilakukan saat memutuskan untuk menggunakan undangan digital.

5. Mencantumkan Kontak RSVP

RSVP sendiri adalah kontak untuk konfirmasi kehadiran. Adanya kontak RSVP memandakan pemilik acara menginginkan penerima undangan melakukan konfirmasi kehadiran untuk menghitung jumlah tamu yang nantinya akan datang. Banyaknya tamu undangan tentu akan membuat Anda kebingungan jika follow up satu per satu.

6. Sisipkan Video

cara membuat undangan online

Bagi sebagian orang, mengirimkan undangan digital mungkin terlihat kurang personal, terlebih penyampaiannya kaku dan hanya dikirimkan melalui pesan singkat saja. Untuk itu, sebaiknya Anda bisa menyisipkan video yang mengajak penerima undangan untuk datang ke acara Anda.

7. Mengarahkan Ke Website Pernikahan

Tak hanya digunakan untuk mengundang tamu, namun website pernikahan saat ini juga digunakan untuk merangkai undangan yang menarik, bahkan di aplikasi website untuk membuat undangan pernikahan, Anda bisa menuliskan kisah Anda dan pasangan hingga adanya tombol RSVP untuk konfirmasi kehadiran. Dengan begitu, Anda bisa mengukur berapa banyak tamu yang nantinya akan hadir.


Itulah 7 tips mengirim undangan online agar penerima undangan merasa dihargai. Tetap sopan dengan undangan digital, coba gratis sekarang hanya di satumomen.com.

crossmenuchevron-down