yang perlu diperhaikan dalam undangan
Category : ,

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Undangan Pernikahan

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com - Berikut kami rangkum hal yang perlu diperhatikan dalam undangan pernikahan. Undangan adalah salah satu elemen penting dalam sebuah acara. Melalui undangan, baik undangan digital maupun fisik, kita akan memberi tahu penerima undangan bahwa kita selaku penyelenggara acara bermaksud ingin mengundang penerima untuk hadir dalam acara yang akan diselenggarakan. Detail acara inilah yang nantinya akan ada di dalam undangan tersebut.

1. Nama Lengkap Tamu

yang perlu diperhatikan dalam undangan

Nama merupakan hal sepele, namun merupakah hal yang perlu diperhatikan dalam undangan juga memberikan dampak yang cukup besar. Saat ingin mengirimkan sebuah undangan, ada baiknya Anda menuliskan nama tamu secara lengkap. Jika perlu, tuliskan beserta gelar yang Anda. Hindari menuliskan nama kecil tamu, karena tamu ini adalah seseorang yang kehadirannya sangat kita harapkan, sehingga Namanya harus ditulis lengkap beserta gelarnya jika tahu, namun jika tidak mengetahui gelar yang dimiliki, tuliskan setidaknya nama lengkapnya. Bagi yang sudah dewasa, tentu akan merasa dihargai saat namanya ditulis lengkap beserta gelarnya.

2. Peletakan Paragraf

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam penulisan sebuah undangan, namun ada baiknya Anda meletakkan tulisannya pada tengah halaman. Selain enak untuk dibaca, tulisan yang berada ditengah halaman akan memberikan kesan seimbang.

3. Memperhatikan Sapaan

Yang perlu diperhatikan dalam undangan ialah bagian panggilan, dimana sebutan Ibu, Bapak, Mba, Mas harus ditulis jelas. Hindari menuliskannya dengan singkatan, misal Bp, Bpk, Mba, Mbak, Mbk. Beberapa singkatan seperti Bp mungkin akan lebih nyaman jika digunakan untuk keperluan bisnis. Berbeda dengan gelar akademik yang sebaiknya dituliskan singkatannya saja.

4. Memisahkan Undangan

Setiap tamu undangan yang telah berusia lebih dari 18 tahun sebaiknya mendapatkan undangan secara terpisah (sendiri) dan tidak digantung dengan undangan orangtua atau keluarga. Berbeda cerita jika memang Anda hanya bermaksud mengundang orangtuanya saja atau keluarga tertentu karena jumlah tamu yang terbatas.

5. Informasi Jelas Merupakan

yang perlu diperhatikan dalam undangan

Tujuan undangan sendiri adalah memberikan infomasi yang jelas terkait diadakannya sebuah acara. Informasi ini harus berisi informasi yang jelas, mulai dari siapa yang memiliki acara, kapan acara diselenggarakan, dan dimana lokasi acara akan diselenggarakan harus ada di dalam sebuah undangan.

Dengan undangan digital dari Satu Momen kamu dapat menyajikan informasi acara dengan sangat jelas dari waktu hingga alamat acara.

6. Isi Sebuah Undangan

Isi undangan adalah inti dari keseluruhan dan harus memberikan informasi yang jelas. Ada beberapa poin yang harus Anda tuliskan, diantaranya:

Penyelenggara Acara

Dalam sebuah undangan, harus tertulis jelas siapa penyelenggara acara. Misalnya digelar sebuah acara pernikahan, maka tuliskan siapa nama mempelai. Misalnya acara ulang tahun, tuliskan siapa nama yang berulang tahun.

Waktu dan Lokasi

Tuliskan dengan jelas waktu acara, mulai dari hari, tanggal, dan jam acara. Tanpa adanya poin ini, maka penerima undangan akan kebingungan.

Tak hanya waktu saja, namun tuliskan juga lokasi acara akan digelar. Misal di restoran A, maka tuliskan dengan jelas alamat restoran tersebut. Jika perlu tambahkan denah atau buatlah kode barcode untuk panduan atau maps, sehingga tamu tidak akan tersesat dan kesulitan mencari lokasi acara.


Dengan undangan digital dari Satu Momen kamu dapat menyajikan informasi acara dengan sangat jelas dari waktu hingga alamat acara. Jika kamu ingin membuat undangan digital kamu bisa coba gratis sekarang.

crossmenuchevron-down