8 Tips Membuat Undangan Pernikahan Unik yang Simpel dan Elegan

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Persiapan pernikahan yang matang adalah suatu keharusan yang tidak bisa terlupakan. Terlebih lagi jika kamu tidak menggunakan jasa wedding organizer dan segala sesuatunya dilakukan sendiri. Tidak dapat dipungkiri, semua orang menginginkan pesta pernikahan yang berkesan. Pernikahan memang sesuatu yang sakral, indah, berkesan dan patut untuk diperhatikan pada setiap detailnya. Salah satu yang sering diperhatikan adalah undangan pernikahan unik.

Undangan memiliki fungsi untuk memberikan kabar tentang hari bahagia dari pesta pernikahan kepada keluarga, sahabat, dan rekan. Oleh sebab itu, hadirnya undangan menjadi sebuah keharusan. Keunikan dan kreasi undangan pernikahan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan agar orang tertarik untuk membaca undangan pernikahan yang kamu berikan. Mengingat kesibukan setiap orang berbeda beda dan mungkin saja tidak sempat untuk membacanya.

Ketahui Tips Sederhana Membuat Undangan Pernikahan Unik

Jika undangan terlihat biasa saja dan kurang menarik, pembaca juga akan merasa kurang tertarik untuk membaca undangan pernikahan kamu. Karena kondisi undangan dapat mencerminkan karakter dari kamu dan calon pasanganmu. Lain halnya jika undangan pernikahan kamu sematkan, bisa menarik perhatian dari pembaca untuk membaca undangan dan datang ke acara pernikahan nanti. 

undangan pernikahan unik
Website undangan pernikahan unik

1. Kenapa Undangan Pernikahan Harus Unik?

Undangan pernikahan yang unik dapat menjadi kenang-kenangan atas pernikahan yang pengantin lakukan untuk menyatukan kedua insan dalam satu tujuan yang sama. Selain itu, untuk mengkreasikan desain undangan yang unik agar tetap diingat dalam waktu yang lama. 

Baca Juga  Cara Ubah Lagu Undangan Website Satu Momen

Kamu bisa mengisi undangan pernikahan dengan foto prewedding atau wallpaper indah dan hal menarik lainnya. Maka dari itu, kamu bisa memilih desain undangan pernikahan dan elegan yang simpel. Kamu juga bisa mempertimbangkan pilihan undangan yang universal dan umum, tapi lebih menarik lagi jika terlihat unik dan elegan. Berikut ini tips membuat undangan pernikahan unik yang tetap simpel dan elegan.

2. Riset Desain Undangan Pernikahan

Saat ini undangan sudah tidak lagi berupa surat dalam bentuk kertas atau selebaran. Banyak orang yang memilih menggunakan undangan digital karena praktis dan lebih mudah. Terlepas dari jenis undangan yang ada, kamu bisa mencari inspirasi terlebih dahulu. Misalnya melakukan riset dan melihat contoh desain undangan sebanyak mungkin untuk referensi desain.

Diproses ini juga, Anda bisa memilih untuk menggunakan undangan digital atau manual. Saat memilih desain usahakan yang bisa mencerminkan diri dan pasangan, karena bisa menjadi nilai tambah untuk kamu dan keluarga. Jika tidak ingin terlalu ribet, kamu bisa menggunakan desain sederhana dan romantis tetapi tetap menggambarkan keinginan kamu.

3. Memilih Jenis Kertas yang Unik

Kamu juga bisa memilih jenis kertas yang akan digunakan dalam undangan manual. Jika menggunakan undangan digital kamu bisa dengan memilih tata letak yang tidak biasa. Misalnya, seperti gesture slide, cara membuka undangan, dan lain sebagainya.

Jenis kertas ini juga menentukan keunikan dari undangan pernikahan. Kamu bisa memilih sesuai dengan warna yang ingin kamu gunakan. Namun, jika menggunakan undangan digital kamu tidak perlu repot memikirkan jenis kertas. 

4. Memilih Jenis Tulisan 

Kamu bisa menggunakan font tulisan yang menarik tetapi tetap bisa terbaca. Seringkali pembaca undangan pernikahan kesulitan membaca tulisan karena berbentuk aneh dan aksen yang terkesan norak. Meskipun undangan pernikahan memiliki desain yang menarik dan unik, tetapi  tulisan dan detail acara tidak dapat tersampaikan dengan jelas, sia-sia undangan tersebut.

Baca Juga  Website Undangan Pernikahan Muslim

Maka pemilihan tulisan ini juga menjadi hal yang penting. Kamu bisa membatasi pemilihan huruf di undangan sebanyak 2 saja. Sebaiknya, menggunakan model tulisan yang tidak terlalu berlebihan karena bisa membuat lelah mata pembaca undangan.

5. Perpaduan Warna yang Unik

undangan pernikahan unik tanpa foto
Undangan digital tanpa foto

Tips membuat undangan pernikahan unik selanjutnya adalah memilih perpaduan warna yang pas. Warna pastel yang feminim banyak dipilih oleh calon pengantin wanita dan sering digunakan di dalam desain undangan dan konsep pernikahan. Tapi tahukah kamu jika warna-warna tua dapat memberikan kesan yang kuat dan misterius? Warna-warna ini seperti biru tua, hitam, dan juga merah marun yang masih tetap menjadi pilihan utama digunakan di dalam undangan pernikahan.

Warna-warna tua cocok untuk dipadukan dengan warna emas dan perak yang memberikan kesan elegan. Warna ini biasanya digunakan pada tulisan kaligrafi yang melambangkan kemakmuran. Selain itu, juga sebagai harapan pernikahan akan selalu diberikan berkah dan rezeki berlimpah. Hal ini karena emas dan perak menjadi nilai ukur pada zaman dahulu. Namun, tidak jarang juga beberapa pasangan menggunakan warna cerah seperti warna merah untuk melambangkan kemeriahan dan kebahagiaan.

6. Isi Undangan yang Simpel

Undangan pernikahan unik
Desain undangan pernikahan simple

Undangan pernikahan unik haruslah menjelaskan dengan jelas dan detail tentang tempat, waktu, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa meminta pendapat dari sahabat atau kerabat jika ada sesuatu yang tidak dapat dimengerti dan kesulitan untuk memilih. Karena, terkadang kamu tahu apa yang diinginkan tetapi sulit dalam menuangkan ke dalam selembar kertas.

Terlalu banyak tulisan yang ada di dalam undangan bisa membuat undangan tidak terlihat cantik dan unik. Oleh karena itu, kamu bisa meminimalisir kata-kata yang tidak diperlukan agar tidak makan tempat juga. 

7. Menentukan Background

Sebelum menentukan background di dalam warna tertentu, kamu harus menentukan dahulu desain yang akan kamu gunakan. Apakah hanya akan menggunakan satu warna atau menambahkan dua warna menjadi gradasi. Kamu juga bisa memilih untuk membuat warna tersebut tampak lebih memudar. Atau juga bisa menentukan corak atau gambar untuk backgroundnya.

Baca Juga  8 Desain Undangan Pernikahan Tema Rustic, Klasik Namun Tetap Elegan

Mungkin saja kamu harus meneliti tempat untuk corak atau gambar. Jika kamu ingin lebih mudah lagi bisa menggunakan latar belakang berpola yang menjadikannya lebih indah. Untuk itu kamu bisa menggunakan kertas print yang bergambar atau blangko yang sudah tersedia. Kamu hanya perlu memikirkan huruf untuk ditempatkan pada undangan.

Jangan lupa untuk memperhatikan warna background serta tulisan agar nanti tulisan dapat terbaca dengan jelas. Karena ada banyak kasus tulisan undangan yang sulit dibaca karena pemilihan warna yang tidak sesuai.

8. Menggunakan Foto Kedua Mempelai

undangan online bali
Undangan pernikahan digital adat Bali

Untuk mendapatkan undangan pernikahan unik, kamu bisa menambahkan foto kedua mempelai. Kamu bisa menggunakan undangan ini untuk hadiah menarik kepada teman, keluarga, dan kerabat melalui kartu undangan yang sudah kamu buat dengan foto bersama pasangan. Bisa juga menampilkan foto terbaik agar semakin terlihat unik.

Kamu juga bisa menggunakan ilustrasi foto mempelai agar terlihat semakin menarik dan unik. Namun, kamu tidak perlu untuk menambahkan banyak sketsa pada undangan. Terlebih lagi jika kamu menggunakan latar belakang yang bertekstur. Untuk undangan yang resmi, kamu bisa memilih latar belakang netral dan klasik. Kamu juga bisa menggunakan huruf undangan yang baku dengan gabungan warna atau gambar cerah dan ceria.


Demikianlah tips membuat undangan pernikahan unik yang bisa kamu coba. Jika kamu sedang mencari berbagai informasi mengenai pernikahan dan undangan atau tips serta inspirasi bisa langsung melihatnya melalui Satu Momen Blog – Pernikahan, Prewedding, Dekorasi, Undangan Digital. Kamu bisa menemukan berbagai informasi yang akan sangat berguna dan lengkap untuk kebutuhan pernikahan kamu.

Leave a Comment