Inilah 10 Tips Prewedding Murah Hasil Tetap Keren

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Tips prewedding murah perlu dicoba bagi pasangan yang akan menikah. Dokumentasi pra nikah dengan istilah lain yang sering didengar yakni foto prewedding. Perlu kamu tahu sesi pemotretan sepasang kekasih sekaligus calon pengantin ini biasanya dilakukan sebelum hari pernikahan. Rasanya seperti tak sempurna jika pernikahan tidak memiliki foto prewedding. 

Untuk lokasi prewedding sendiri juga tergantung dari konsep yang kedua calon pengantin inginkan. Ada rekomendasi pilihan lokasi prewedding yakni dalam ruangan atau luar ruangan. Saat ini untuk mendapatkan penyedia jasa foto prewedding sangat mudah. Bahkan, ada banyak jasa foto prewedding yang memberikan pilihan paket. Mulai dari penyewaan studio, makeup, gaun, hingga properti yang ingin kamu gunakan. 

Untuk biaya foto prewedding, tarifnya memang bervariasi dan tergantung dari konsep yang kamu inginkan. Namun tak perlu khawatir akan menghabiskan banyak biaya, ada tips menghemat biaya prewedding yang perlu dicoba.

10 Tips Prewedding Murah yang Wajib Kamu Coba

Selain mempersiapkan biaya pernikahan yang tidak sedikit, kamu juga perlu menyiapkan banyak hal lainnya. Salah satunya yakni melakukan foto prewedding. Padahal untuk mendapatkan foto prewedding yang bagus tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Misalnya seperti dari jasa fotografer, kostum, dan lain sebagainya.

Namun jika budget yang kamu miliki tidak banyak, sebenarnya masih bisa mendapatkan hasil foto prewedding yang keren. Hal yang kamu butuhkan yakni kreativitas. Untuk itu, jangan jadikan budget sebagai penghalang. Berikut ini adalah tips mudah melakukan prewedding murah.

Baca Juga  10 Inspirasi Prewedding Ala Korea, Hemat Budget Namun Tetap Elegan

1. Pilih Lokasi yang Dekat

Transportasi untuk menuju ke lokasi prewedding pastinya juga membutuhkan biaya. Semakin jauh lokasi prewedding yang kamu pilih, maka besar kemungkinan biayanya semakin meningkat. Sehingga kamu bisa memilih lokasi yang terdekat.

Kamu tidak perlu sibuk mencari tempat-tempat yang sedang hits saat ini. Bahkan bisa memanfaatkan tempat yang ada dengan konsep yang apik dan unik. Misalnya seperti, taman, stasiun lama, museum, dan lain sebagainya.

2. Pilih Tempat Murah Atau Gratis

tips prewedding murah
Nanda & Indo

Tips prewedding murah bisa kamu lakukan dengan memilih tempat murah atau gratis. Caranya dengan mencari tempat-tempat cantik yang ada di lingkungan sekitar yang tidak terlalu terkenal. Bahkan juga bisa memilih tempat-tempat wisata yang tidak menerapkan tarif masuk.

3. Prewedding di Taman Sebelah Rumah

Taman rumah juga bisa kamu pilih sebagai salah satu tempat untuk melakukan foto prewedding. Bukan hanya dekat, pemilihan taman dekat rumah juga bisa menghemat biaya. Kamu juga tetap bisa mengenang momen prewedding hingga kapan pun.

Untuk memperindah kondisi taman, kamu bisa memanfaatkan berbagai pernak-pernik apa saja yang kamu miliki. Kamu bisa memanfaatkan boneka, lilin bekas, koper tua, atau barang sebagainya. Adanya barang dan pernak-pernik tersebut juga bisa membuat taman tampak lebih mewah dan unik.

4. Pilih Teman Sebagai Fotografer

Tips prewedding murah yang bisa kamu coba yakni dengan memilih teman sebagai fotografer. Mungkin kamu memiliki teman yang sedang belajar menjadi fotografer, maka bisa memanfaatkannya.

Kamu bisa menawarkan diri sebagai kelinci percobaannya untuk membuat portofolio. Tak hanya itu, namun juga ikut untuk mempromosikan usaha teman kamu. Dengan begitu, hubungan pertemanan kamu akan menjadi lebih erat.

5. Make Up Sendiri

Budget yang perlu kamu persiapkan jika menyewa seorang MUA berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp1 juta, tarif tersebut tentu tidak sedikit. Memang hasilnya akan lebih memuaskan dan kamu tampak sangat cantik dari hasil fotonya. Namun, tidak ada salahnya jika mempercayakan kemampuan atau skill berdandan kamu sendiri.

Baca Juga  8 Tips Membuat Undangan Pernikahan Unik yang Simpel dan Elegan

Pada dasarnya, kamu sebagai pemilik wajah justru paling mengetahui mengenai kontur wajah. Tidak ada salahnya mencoba kemampuan makeup sendiri yang sudah terpendam lama. Untuk mengingat dan membangkitkan lagi seni berdandan, kini bisa coba tutorial makeup dari YouTube.

6. Tak Perlu Sewa Kostum Mahal              

Salah satu tips prewedding murah dibawah 1 juta yakni dengan tidak menyewa kostum yang cukup mahal. Seketika setelah memilih konsep foto prewedding, akan lebih baik kamu segera menilik isi lemari. Mungkin kamu punya baju atau gaun selaras dengan konsep yang sudah kamu sepakati  bersama pasangan.

Kamu bisa coba konsep foto prewedding yang santai seperti memasak di dapur atau menghabiskan waktu dengan pasangan menjadi konsep yang minimalis. Biaya yang kamu persiapkan juga akan minimalis. Sebab, hanya akan memanfaatkan pakaian yang biasa kamu kenakan sehari-hari. Tentu saja juga bisa menghemat biaya foto prewedding dengan memikirkan konsep serta memikirkan baju atau gaun yang akan kamu kenakan.

Selain melihat isi baju, kamu juga harus melihat barang-barang dan koleksi yang dimiliki di rumah. Jika perlu dengan meminjam barang dan koleksi dari teman juga tidak masalah. Kamu tidak perlu lagi membeli baju atau gaun hanya untuk foto prewedding yang dilakukan sekali seumur hidup, hal ini akan membuat boros.

7. Jadikan Momen Lamaran untuk Foto Prewedding

Kamu juga bisa menggunakan foto pada saat momen lamaran sebagai tips prewedding murah. Pada saat lamaran biasanya pasangan sudah tampil berdandan dan mengenakan pakaian yang rapi. Wajah kamu juga sedang mengeluarkan roman bahagia. Kondisi ini cocok sekali untuk tampil keren namun tetap hemat.

Baca Juga  13 Inspirasi Foto Prewedding Sederhana di Rumah

8. Coba Pose Prewedding yang Jadi Tren

Pose Prewedding yang Jadi Tren
Bayu & Mitha

Kamu juga perlu mencari informasi mengenai pose prewedding yang tengah jadi tren guna mencari ide. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi biaya dalam menyewa stylish. Khususnya yang mengatur pose kamu selama proses pemotretan prewedding berlangsung.

Selain itu, dengan berbekal pengetahuan yang cukup mengenai pose-pose prewedding yang sedang tren, pastinya memungkinkan kamu untuk tidak bisa menyewa fotografer pemula agar lebih hemat.  

9. Foto saat Siang Hari

Tips Prewedding Murah
Densu & Puput

Tips prewedding murah selanjutnya yakni dengan foto saat siang hari. Trik teknis pemotretan yang satu ini secara khusus untuk kamu yang mengusung konsep foto prewedding outdoor. Kata kunci yang harus kamu ingat yakni jangan melakukan sesi pemotretan outdoor saat malam hari. Sebab, kamu harus akan membayar biaya lebih untuk menyewa lighting.

Adapun melakukan sesi pemotretan saat siang hari kamu tidak perlu lagi menyewa lighting. Kamu bisa memanfaatkan cahaya sinar matahari yang lebih terang daripada lampu lighting. Selain hasilnya tampak cerah, bahkan juga perlu mengorek biaya sepeserpun untuk pencahayaan. Kamu juga bisa menggunakan panorama sunrise dan sunset agar hasil fotonya yang lebih mendalam.

10. Pilih Konsep Prewedding Murah dan Kreatif

Konsep masih menjadi salah satu hal terkuat sehingga bisa membuat foto prewedding tampak menarik dan mengagumkan. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar saat memilihnya. Sebaiknya pilihlah konsep yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Kamu bisa menggabungkan beberapa konsep yang sudah pernah ada dengan konsep impianmu.


Tips prewedding murah sangat penting bagi pasangan yang akan menikah. Cara ini bisa menekan biaya pengeluaran foto prewedding agar  kantong tidak kebobolan. Saat berkeinginan mendapat hasil foto bagus sah-sah saja, asal tidak memaksakan. Sebab, yang paling utama adalah makna dari wedding itu sendiri.

Leave a Comment