10 Tips Menghemat Biaya Pernikahan, Buat Momen Spesial Sukses!

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Tips menghemat biaya pernikahan menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh orang. Pernikahan merupakan salah satu momen spesial yang sangat dinantikan oleh pasangan. Melalui ikatan pernikahan, pasangan tersebut memiliki hubungan sah secara negara dan agama. 

Dalam suatu acara pernikahan pasti menginginkan suasana yang menyenangkan dan berkesan. Untuk mendapatkan hal tersebut perlu mempersiapkan acara dengan baik dan terencana. Dengan begitu, sudah dapat dipastikan bahwa acara pernikahan akan lancar.

Inilah Tips Menghemat Biaya Pernikahan untuk Pasangan Cerdas!

Banyak orang yang sering menganggap bahwa pernikahan membutuhkan biaya yang banyak. Namun, anggapan itu salah karena pernikahan tidak harus mencapai biaya ratusan juta. Pernikahan bukan merupakan tujuan akhir perjalanan dalam mencari pasangan. Hal ini karena pernikahan merupakan langkah awal kehidupan kamu bersama dengan pasangan. 

Maka dari itu, harus bijak dalam mengeluarkan biaya untuk pernikahan. Sebaiknya jangan berpikiran bahwa pernikahan harus mewah, karena pasti memiliki biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu harus bijak dalam mengeluarkan biaya pernikahan. Berikut merupakan tips menghemat biaya pernikahan yang bisa kamu lakukan:

Tips Menghemat Biaya Pernikahan
pixabay.com

1. Buat Rancangan Biaya Pernikahan yang Rinci

Sebagian besar orang sudah mempersiapkan pernikahan dari jauh-jauh hari. Kamu juga bisa mengikuti cara tersebut supaya pernikahan bisa disiapkan dengan matang. Supaya biaya pernikahan bisa lebih hemat, sebaiknya kamu dan pasangan harus membuat rencana biaya secara rinci. Jangan menggunakan seluruh tabungan apalagi dengan meminjam biaya dari orang atau bank. 

Baca Juga  Rincian Biaya Nikah 20 Juta di Rumah

Pikirkan secara matang apa yang kamu butuhkan untuk pernikahan. Ketahui terlebih dahulu biaya yang kamu butuhkan untuk acara pernikahan. Hal ini bisa membantu kamu untuk hemat biaya dan menghindari keluarnya anggaran yang tidak terlalu penting.

2. Menggunakan Undangan Online

tips menghemat biaya pernikahan dengan undangan digital
satumomen.com

Tips menghemat biaya pernikahan selanjutnya yaitu dengan menggunakan undangan online. Pada saat ini teknologi semakin berkembang, sehingga kamu bisa melakukan berbagai hal dengan mudah. Hal ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat undangan pernikahan online. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan undangan dari kertas yang bisa bernilai puluhan ribu. 

Kamu bisa menggunakan undangan online untuk sahabat atau teman. Tetapi, tetap membutuhkan undangan dari kertas untuk kerabat yang harus kamu hormati. Apabila kamu memilih untuk cetak undangan, maka bisa meminta softcopynya untuk dijadikan undangan pernikahan online. Namun, apabila kamu memutuskan untuk menggunakan undangan pernikahan online sepenuhnya bisa mencari jasa undangan pernikahan yang terjangkau.

3. Kurangi Jumlah Tamu Undangan

Mengurangi jumlah tamu undangan pada acara pernikahan merupakan salah satu hal penting yang bisa menghemat biaya. Jumlah tamu dalam acara pernikahan sangat berpengaruh dalam pengeluaran biaya. Pada saat ini tidak jarang orang yang melaksanakan acara pernikahan hanya dengan dihadiri oleh orang tua dan juga kerabat dekat. 

Dengan mengundang keluarga dan kerabat dekat saja bisa menghemat biaya pernikahan. Selain itu, acara pernikahan juga akan penuh keakraban sehingga membuat momen semakin berkesan.

4. Hindari Menyediakan Banyak Makanan

Tips menghemat biaya pernikahan selanjutnya yaitu jangan terlalu banyak dalam menyediakan makanan. Umumnya pengeluaran biaya pernikahan yang paling besar yaitu terletak pada konsumsi. Walaupun konsumsi merupakan satu hal yang penting untuk menunjang acara pernikahan, tetapi mengurangi konsumsi tersebut bukan menjadi suatu masalah besar. 

Baca Juga  9 Tips Membuat Undangan Wedding Low Budget, Wajib Tahu!

Kamu bisa memilih menu makanan prasmanan yang lengkap dan mengenyangkan. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan menu dengan jumlah tamu undangan.

Manfaatkan fitur RSVP pada undangan digital website agar kamu bisa mengontrol dan tau jumlah tamu yang akan datang.

5. Bijak dalam Memilih Souvenir

Bijak dalam memilih souvenir merupakan salah satu tips menghemat biaya pernikahan yang tepat. Biasanya banyak pernikahan yang dilengkapi dengan adanya souvenir. Saat ini banyak jasa yang menawarkan pembuatan souvenir menarik dan unik. Namun, pernikahan dengan menggunakan souvenir tentu memerlukan biaya yang banyak. 

Apabila kamu ingin menggunakan souvenir tetapi tetap ingin menghemat biaya tidak perlu khawatir. Jika memiliki banyak waktu, kamu bisa membuat souvenir pernikahan sendiri supaya lebih hemat. Saat ini banyak video tutorial di internet yang bisa kamu manfaatkan.

6. Pilih Lokasi Sesuai dengan Kebutuhan

Tips menghemat biaya pernikahan selanjutnya yaitu pilih lokasi sesuai dengan kebutuhan. Pernikahan tidak harus diselenggarakan pada gedung yang mewah. Hal yang paling penting yaitu tempatnya cukup dan layak untuk menyelenggarakan acara pernikahan. 

Kamu bisa menyewa sebuah gedung serbaguna sesuai dengan biaya yang dimiliki. Apabila tidak memungkinkan untuk menyewa sebuah gedung, bisa menyelenggarakan pernikahan di rumah sendiri. 

7. Pilih Waktu yang Tepat

Apabila kamu memutuskan untuk menyewa gedung sebagai tempat pernikahan berlangsung, sebaiknya pilihlah waktu yang tepat. Agar lebih hemat dalam pengeluaran biaya, sebaiknya sewa gedung pada hari biasa. Saat hari biasa biaya sewa gedung tersebut bisa lebih murah. 

Hindari menyewa gedung pada hari libur karena biasanya harga sewa akan lebih mahal. Selain itu, untuk lebih menghemat biaya hindari menyewa gedung yang memiliki fasilitas mewah. Gedung yang lengkap dengan fasilitas mewah akan memiliki biaya sewa yang cenderung mahal.

8. Sewa Jasa Rias Satu Paket dengan Baju Pengantin

foto prewedding baju pink candid
Bayu & Mitha

Tips menghemat biaya pernikahan selanjutnya yaitu sewa jasa rias satu paket dengan baju pengantin. Daripada membeli gaun pengantin, jika ingin lebih hemat bisa menyewanya. Pada saat ini banyak yang menawarkan jasa sewa baju pengantin lengkap dengan berbagai fasilitasnya. 

Baca Juga  8 Tips Membuat Undangan Pernikahan Unik yang Simpel dan Elegan

Kamu bisa memanfaatkan jasa sewa tersebut untuk memenuhi kebutuhan pernikahan. Apabila memungkinkan baiknya cari persewaan baju yang sepaket dengan jasa rias. Dengan begitu, biaya pernikahan akan lebih hemat lagi.

9. Pertimbangkan Biaya Baju Seragam Keluarga

Foto pernikahan bisa lebih rapi apabila menggunakan bahan dan warna pakaian yang sama. Saat ini juga sudah banyak orang yang menggunakan pakaian sama saat menyelenggarakan acara pernikahan. Namun, biaya membeli bahan dan menjahit seragam pernikahan untuk keluarga tentu tidak sedikit. 

Tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyarankan keluarga supaya mencari baju sendiri sesuai dengan warna dan tema yang kamu inginkan. Walaupun memiliki bahan yang berbeda tetapi hasil tetap akan terlihat rapi. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak untuk memenuhi kebutuhan seragam keluarga.

10. Gunakan Dekorasi Minimalis

Pada saat ini dekorasi pernikahan semakin sederhana dan sangat berbeda dengan tradisional. Supaya lebih hemat biaya, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat dekorasi pernikahan sendiri. Sebaiknya pilihlah bunga palsu tetapi tetap memiliki kualitas bagus daripada bunga yang asli. 

Hal ini karena bunga asli pasti memiliki harga yang lebih mahal. Namun, jika tetap ingin menggunakan jasa dekorasi, pilihlah vendor yang menyediakan harga murah tetapi menawarkan dekorasi yang mewah dan indah. Nah, itu dia ulasan tentang berbagai tips menghemat biaya pernikahan.


Apabila kamu ingin menghemat biaya pernikahan bisa mengikuti beberapa tips tersebut supaya acara berjalan dengan lancar dan sukses. Pernikahan merupakan suatu momen yang sakral sehingga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Menyelenggarakan acara pernikahan tidak harus mewah dan mengeluarkan biaya yang banyak.

Leave a Comment