11 Persiapan Prewedding Outdoor Agar Lebih Maksimal, Ini Langkahnya!

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Persiapan prewedding outdoor memang sangat penting untuk kamu pahami. Mempersiapkan tema konsep yang sering dilakukan oleh pasangan calon pengantin. Selanjutnya menyiapkan kartu undangan pernikahan yang nanti akan kamu sebarkan untuk para keluarga, sahabat, rekan kerja, dan lain sebagainya. Biasanya dalam kartu undangan pernikahan sering terlihat foto kedua mempelai yang mesra dan romantis.

Saat akan mempersiapkan pernikahan memang sesuatu yang hal cukup melelahkan. Namun untuk menyambut momen bahagia yang sudah kamu nantikan, tentunya tidak menjadi masalah. Salah satu persiapan yang pasangan lakukan sebelum melangsungkan pernikahan yakni melakukan foto prewedding.

Untuk mendapatkan gambar-gambar romantis tersebut, salah satunya dengan melakukan foto prewedding outdoor. Jika ingin prewedding menghasilkan foto yang memuaskan, akan lebih baik melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.  

Ketahui Langkah Melakukan Persiapan Prewedding Outdoor

Menikah adalah hal yang dinanti-nanti bagi setiap pasangan saat melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius. Salah satu hal yang penting dan seringkali dipikirkan yakni foto prewedding. Sebab, menjadi momen sekali seumur hidup, sehingga calon pengantin tidak boleh sembarangan dalam mempersiapkan foto prewedding.

Mengabadikan foto sebelum pernikahan memang banyak dilakukan oleh setiap pasangan. Foto prewedding ini yang akan memberi kenangan tersendiri bagi setiap pasangan. Hasil foto prewedding biasanya akan menjadi cover undangan pernikahan nanti. Selain itu, juga bisa untuk dipajang dan dipamerkan saat pesta pernikahan.

Jika ingin melakukan foto prewedding outdoor dengan hasil maksimal, maka perlu melakukan persiapan yang matang. Mulai dari pemilihan tema, tempat, waktu, pakaian hingga gaya foto prewedding outdoor. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus kamu pikirkan saat akan melakukan foto prewedding outdoor.

Baca Juga  Inilah 10 Tips Prewedding Murah Hasil Tetap Keren
Persiapan Prewedding Outdoor
(pinhome.com)

1. Mengenal Seluk Beluk Lokasi Pemotretan

Saat akan memulai pemotretan, pasti kamu sudah memilih lokasinya. Apalagi saat ini ada banyak tempat yang bisa kamu pilih untuk lokasi foto prewedding outdoor. Mulai dari pemandangan dengan background alam seperti pantai, gunung, persawahan atau bukit. Pemandangan tersebut yang menampilkan kesan uniknya masing-masing. Selain itu, bisa juga berfoto di depan gedung-gedung tinggi atau jalanan kota.

Pastikan kamu tahu akses dan memahami area lokasi sebagai tempat untuk foto prewedding outdoor. Kamu bisa menentukan sendiri lokasi fotonya atau bisa juga meminta bantuan sang fotografer untuk mencarikannya sesuai konsep yang diinginkan. Jangan hanya sekedar tahu, namun juga sudah pernah datang langsung dan mengetahui akses menuju lokasinya. Pastikan tersedia fasilitas pendukung seperti tempat ganti baju, toilet, tempat makan, dan lainnya juga perlu kamu pertimbangkan.

2. Pertimbangkan Cuaca

Persiapan prewedding outdoor lainnya dengan mempertimbangkan cuaca. Cuaca saat hari pemotretan memang menjadi salah satu pertimbangan penting. Jangan sampai kamu dan pasangan malah terjebak hujan sehingga tidak jadi melakukan pemotretan akibat cuaca buruk atau tidak menentu. Sebaiknya mencari informasi tentang prediksi cuaca harian di internet. Untuk memastikan saat pemotretan cuaca sedang cerah.

3. Pilih Waktu yang Tepat

persiapan prewedding outdoor
Annisa & Rif’at

Kamu bisa memanfaatkan sinar matahari agar bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal. Namun, kamu perlu memilih waktu yang paling tepat. Waktu yang paling tepat untuk pemotretan yakni saat pagi hari atau sore hari. Pastikan tidak melakukan pemotretan siang hari saat sinar matahari terlalu terik. Sinar matahari yang terlalu terang justru akan membuat foto menjadi kurang maksimal.

Baca Juga  20 Ide Foto Prewedding Outdoor Alam Sederhana Tapi Menarik

4. Sesuaikan dengan Budget

Penting bagi kamu untuk menyesuaikan budget sebagai persiapan prewedding outdoor. Anggaran menjadi salah satu hal yang harus pertimbangkan sebelum foto prewedding. Tujuannya agar biaya bisa teralokasikan dan tidak digunakan untuk keperluan lainnya di luar keperluan pernikahan kamu. Sebenarnya, jumlah anggaran prewedding yang perlu disiapkan tersebut cukup relatif, sesuai kebutuhan kamu.

Anggaran yang dikeluarkan dipengaruhi oleh fotografer, lokasi prewedding, konsep, wardrobe, properti dan lain sebagainya. Untuk anggaran ini, akan lebih baik sudah kamu pikirkan dari jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan. Terlebih untuk pengalokasian anggaran foto prewedding, sehingga tidak mengganggu persiapan pernikahan dalam hal biaya.

Kamu harus menyiapkan dana untuk keperluan pembayaran jasa fotografer, sewa kamera, dan keperluan yang lainnya. Sebaiknya atur semua konsep prewedding yang diinginkan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Sebelum menggunakan jasa fotografer prewedding, akan lebih baik melihat review dari pelanggan sebelumnya. Pastikan mendapat jasa fotografer profesional agar mendapatkan hasil foto sesuai ekspektasi.

5. Baju Ganti

Persiapan prewedding outdoor lainnya yakni dengan membawa baju ganti. Semudah apapun konsep atau tema yang diusung, pastinya harus membawa baju ganti lebih. Meski hanya mengusung tema kegiatan sehari-hari dan menggunakan pakaian sehari-hari sekalipun, baju ganti tetap wajib kamu bawa. Sebab, nanti tidak tahu hal yang akan mungkin terjadi.

6. Perlengkapan Makeup

Setelah mempersiapkan baju ganti, jangan lupa hal penting lainnya saat kamu melakukan persiapan prewedding outdoor yakni make up. Apabila kamu sudah menyewa makeup artist (MUA) untuk menjadikan tampilan lebih sempurna, ada  baiknya juga membawa peralatan sendiri untuk keperluan touch up. Sebab, biasanya proses make up hanya dilakukan sekali saat baru mulai pemotretan.

7. Uang Tunai Lebih

Electronic banking saat ini memang terasa lebih praktis, namun untuk keperluan prewedding outdoor, pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup atau lebih. Kamu bisa juga memecahnya hingga menjadi uang kecil atau receh sehingga bisa memberi tip pada penjaga lokasi, tukang parkir, dan lain lain.

Baca Juga  8 Konsep Foto Prewedding Tema Pink

8. Makanan Ringan

persiapan prewedding outdoor
Annisa & Rif’at

Membawa makanan ringan juga termasuk salah satu persiapan prewedding outdoor. Selama di perjalanan atau selesai menjalani sesi pemotretan, mungkin kamu membutuhkan camilan untuk menunda lapar. Membawa makanan ringan juga menjadi pilihan tepat saat melakukan perjalanan yang cukup jauh. Kamu juga bisa jadikan makanan & minuman yang kamu bawa sebagai properti saat sesi pemotretan. Selain makanan ringan, kamu juga bisa membawa minuman dan roti untuk snack yang lebih berat.

9. Perlengkapan untuk Keadaan Darurat

persiapan prewedding outdoor di luar kota
Ririn & Eldin

Jika kamu memilih melakukan foto prewedding di luar kota, peralatan dalam kondisi darurat juga wajib dibawa. Adapun perlengkapan yang bisa dibawa seperti payung, kacamata, peniti, penjepit rambut, sandal, dan lain sebagainya.

10. Menjaga Mood Tetap Baik

Jika segala persiapan prewedding outdoor yang penting sudah mantap, maka waktunya mengatur mood dengan baik. Mood yang baik sangat berpengaruh terhadap hasil foto karena suasana hati biasanya tergambar pada ekspresi wajah kamu. Untuk itu, kamu perlu menjaga mood dengan baik agar bisa menunjukkan ekspresi kasih sayang yang maksimal serta natural.

11. Siapkan Kondisi Fisik

Melakukan foto prewedding outdoor juga bisa terasa melelahkan, apalagi jika memiliki akses yang cukup terjal, atau cuaca yang kurang mendukung seperti terlalu panas atau angin yang kencang. Sebaiknya sebelum hari H pemotretan, kamu perlu siapkan fisik dengan menjaga pola makan yang benar serta pola hidup sehat.


Beberapa langkah yang menjadi persiapan prewedding outdoor sangat penting dipahami. Hal ini agar mendapatkan foto prewedding yang sesuai ekspektasi dan lebih memuaskan. Apalagi akan menjadi kenang-kenangan yang indah yang bisa kamu ceritakan kelak kepada putra-putrimu nanti.

Leave a Comment