4 Faktor Penentu Harga Undangan Pernikahan

4 Faktor Penentu Harga Undangan Pernikahan

satumomen.com – Kita perlu tahu faktor penentu harga undangan pernikahan agar kita dapat menentukan jenis undangan yang cocok. Undangan adalah salah satu list yang harus ada dalam sebuah acara. Undangan menjadi titik awal sebuah acara. Dengan undangan inilah, maka pesan atau informasi bahwa seseorang akan mengadakan acara dapat tersampaikan. Misalnya saja kita ambil contoh saat Anda ingin mengadakan pesta pernikahan.

Dalam pesta pernikahan, keberadaan undangan kerapkali memakan budget yang cukup besar. Terlebih jika tamu undnagan cukup banyak, maka undangan harus dicetak sebanyak jumlah tamu. Semakin banyak tamu, maka semakin banyak juga budget yang harus dikeluarkan.

Untuk menghemat anggaran, sebenarnya Anda bisa memilih undangan digital. Undangan digital saat ini banyak dipilih, karena selain praktis, undangan ini juga terbilang dapat menghemat budget, karena Anda tak perlu mencetak undangan ini, namun Anda hanya perlu mengirimkannya melalui aplikasi seperti Whatsapp atau email.

Walaupun begitu, baik undangan digital maupun undangan yang berbentuk kertas (fisik), ada beberapa faktor yang memperngaruhi harga undangan pernikahan, diantaranya:

1. Desain Juga Pengaruhi Harga Undangan Pernikahan

penentu harga undangan pernikahan
satumomen.com

Banyak sekali template desain undangan pernikahan yang dapat Anda pilih. Website undangan digital biasanya menyediakan beragam template baik yang standar (dapat diakses secara gratis) maupun yang premium (berbayar), begitu juga template undangan yang akan dicetak nantinya. Anda harus membeli desain yang premium untuk mendapatkan template yang unik dan berbeda.

2. Jumlah Item dan Fasilitas

Semakin banyak jumlah undangan yang harus dicetak, maka budget yang harus dikeluarkan akan semakin banyak, terlebih jika Anda ingin menambahkan beberapa item seperti foto, maps, atau informasi lain, biasanya pihak vendor undangan pernikahan akan meminta tambahan budget untuk fasilitas ini.

Berbeda dengan undangan digital yang memiliki fasililitas RSVP, maka semakin banyak jumlah RSVP nya, maka akan semakin bertambah budget yang harus dikeluarkan. Selain itu, semakin banyak jumlah kontak Whatsapp yang harus dikirimkan undangan Anda, maka akan semakin mahal pula.

3. Alamat

Ini berlaku bagi undangan pernikahan yang dicetak, dimana tentu untuk keluarga jauh undangan ini harus dikirimkan ke alamat penerima. Jika alamat penerima jauh, maka ongkos kirim akan semakin mahal. Itulah yang menyebabkan harga undangan pernikahan kamu jadi lebih tinggi.

Berbeda jika Anda membuat sendiri undangan digital Anda melalui website buat undangan digital atau vendor undangan digital di kota Anda, maka Anda hanya perlu mengirimkannya melalui Whatsapp atau meminta mereka untuk mengisi daftar tamu di website pernikahan Anda.

4. Kertas Untuk Membuat Undangan

harga undangan pernikahan
pinterest.com

Tentunya tidak mungkin jika Anda mencetak undangan Anda dalam bentuk putih polos tanpa hiasan. Anda tentu mencetaknya di vendor undangan terbaik dengan kertas yang terbaik pula. Inilah yang membuat harga undangan pernikahan berbeda. Berbeda jenis kertas, maka berbeda pula harganya. Terlebih jika Anda memilih kertas import, maka akan lebih mahal lagi harga undangan tersebut.

Banyak kertas yang dapat dipilih mulai dari kertas bertekstur seperti linen atau kertas daur ulang. Selain itu, Anda juga dapat memilih kertas dengan ketebalan tertentu. Semakin tebal, maka semakin mahal pula harga kertas ini.

Jika ingin lebih hemat kamu dapat menggunakan undangan pernikahan digital karena salah satu alasan menggunakan undangan digital adalah tidak memerlukan kertas untuk membuatnya.


Itulah 4 faktor yang dapat mempengaruhi harga undangan pernikahan. Jadi sekarang apakah kamu sudah bisa mengira ngira undangan seperti apa yang ingin kamu buat?