6 Hal Fatal Dalam Undangan Pernikahan

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Sebelum mempersiapkan undangan pernikahan, sebaiknya Anda menghindari hal fatal dalam undangan pernikahan dibawah ini. Dibandingkan persiapan yang lain seperti menemukan vendor venue untuk pernikahan, mencari vendor gaun pernikahan, mungkin undangan terlihat sepele dan terlihat hanya sebagian kecil saja dari seluruh rangkaian acara. Padahal, undangan pernikahan ini dapat menjadi permasalahan di kemudian hari dan bahkan beberapa diantaranya dapat berdampak fatal.

1. Cara dan Orang Yang Salah

hal fatal dalam undangan pernikahan

Saat ini undangan digital sedang hangat dan populer dibicarakan. Selain mampu menghemat budget, keberadaan undangan digital ini juga nampak kekinian. Sayangnya, mengirim undangan digital memiiki etikanya sendiri. Etika dalam mengirim undangan digital tetap perlu diperhatikan agar si penerima undangan merasa dihargai. Bukan berarti Anda bisa asal mengirimkan undangan digital kepada dosen atau atasan Anda, karena memang ada beberapa tamu yang harus tetap menerima undangan dalam bentuk cetak.

2. Penulisan Nama Yang Kurang Teliti

Untuk mengirimkan undangan kepada teman yang sebaya atau keluarga, mungkin tidak akan menjadi masalah besar jika Anda hanya mencantumkan nama panjang saja tanpa gelar, namun hal ini jangan sampai terjadi jika Anda mengirimkan undangan untuk dosen atau atasan Anda. Mencantumkan gelar adalah hal yang wajib dilakukan sebagai bentuk penghargaan.

3. Alamat Yang Kurang Jelas

Alamat menjadi penentu sampai dan tidaknya sebuah undangan. Semakin jelas alamatnya, maka undangan akan semakin cepat diterima, namun jika alamat tujuan tidak jelas, bisa saja undangan tidak akan sampai ke tangan penerima.

Selain alamat penerima, alamat venue pun juga harus jelas. Jika alamat venue tidak jelas, maka tamu pun akan kesulitan menemukan lokasi digelarnya acara. Hal ini menjadi tantangan, terutama bagi pasangan yang mengadakan acara dirumah, maka alamat harus jelas. Jika perlu tambahkan peta didalam undangan untuk mempermudah.

4. Waktu Pengiriman

Idealnya, undangan pernikahan dikirim setidaknya dua minggu sebelum acara digelar, namun tak jarang ada beberapa calon pengantin yang mengirimkan undangan terlalu dini. Akibat acara yang masih lama, tak jarang penerima undangan lupa meletakkan undangannya.

Begitu juga jika undangan dikirim terlalu dekat dengan acara pernikahan, maka bisa jadi penerima undangan berhalangan hadir, karena penerima tamu telah memilki acara lain.

5. Jumlah Undangan Yang Pas

hal fatal dalam undangan pernikahan
satumomen.com

Berapa jumlah  tamu yang akan diundang dalam pernikahan Anda? Sudah yakin dengan jumlahnya. Jumlah ini ada baiknya jangan dijadikan sebagai patokan, karena human error pasti ada kan? Ada baiknya pesan undangan dalam jumlah lebih agar tidak kerepotan nantinya.

6. Hal Fatal Dalam Undangan Pernikahan yang Terakhir adalah Typo

Typo menjadi hal yang fatal dan tidak boleh terjadi. Typo bahkan satu huruf saja dapat merusak estetika undangan yang telah disiapkan, sehinga ada baiknya undangan pernikahan benar-benar dicek sebelum naik cetak. Jikalau perlu lakukan pengecekan berkali kali.

Abu Bakar Halid

I'm Abu - a web developer based in the indonesia. I have worked with a diverse range of clients helping them solve core business and user problems.

Leave a Comment