7 Hadits Pendek Tentang Pernikahan di Dalam Ajaran Islam

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Hadits pendek tentang pernikahan perlu dipelajari. Sebagai muslim yang taat, maka kita tentunya tahu bahwa menikah merupakan salah satu ibadah yang sebisa mungkin harus dilakukan. Bahkan menikah di dalam Islam seperti tahap penyempurnaan ibadah sebagai muslim.

Pernikahan dalam ajaran Islam bertujuan menghalalkan (membolehkan) hubungan antara laki-laki dengan perempuan sehingga tidak timbul perzinaan. Di dalam Al-Qur’an pun disebutkan berbagai keutamaan dari menikah.

Selain ayat Al-Qur’an, beberapa hadist juga membahas mengenai fadhilah atau keutamaan dari menikah. Untuk kamu yang penasaran, yuk cari tahu hadits-hadits tersebut.

Mengulik Berbagai Hadits Pendek Tentang Pernikahan

Menikah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan Rasulullah menyebut bahwa pernikahan menjadi salah satu cara untuk menyempurnakan agama seorang muslim.

Setiap manusia yang lahir di dunia ini juga pasti sudah memiliki garis jodoh mereka sendiri. Menghabiskan hidup dan menua bersama orang yang dicintai merupakan impian setiap orang.

Di dalam Islam, pernikahan bukan hanya berbicara mengenai hubungan antara pria dan wanita yang sah secara agama maupun hukum negara. Menikah juga bukan hanya berbicara mengenai kebutuhan biologis perempuan dan laki-laki.

Tetapi, pernikahan dalam islam sangat erat berkaitan dengan kondisi jiwa manusia, kerohanian (lahir dan batin), nilai kemanusiaan, dan adanya suatu kebenaran.

Tidak hanya itu saja, pernikahan dalam Islam juga menjadi kewajiban dari berlangsungnya bahtera rumah tangga yang harus patuh terhadap ajaran-ajaran Islam serta tetap dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Maka dari itu, pernikahan menjadi salah satu perilaku terbaik dan terpuji manusia yang Allah SWT ciptakan dengan tujuan untuk membuat hidup manusia menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga  Situs Mencari Inspirasi Undangan Pernikahan

Untuk memperjelas keutamaan dari ibadah ini, maka terdapat beberapa hadits pendek tentang pernikahan.

Hadits Pendek Tentang Pernikahan
(pixabay.com)

Hadits Pernikahan dan Sunnah Nabi

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa:

“Menikah itu termasuk dari sunnahku, siapa yang tidak mengamalkan sunnahku, maka ia tidak mengikuti jalanku. Menikahlah, karena aku membanggakan kalian atas umat-umat yang lainnya, siapa yang memiliki kekayaan, maka menikahlah, dan siapa yang tidak mampu maka hendaklah ia berpuasa, karena sesungguhnya puasa tersebut menjadi tameng untuknya.”
(HR Ibnu Majah).

Di dalam hadits ini jelas disebutkan bahwa pernikahan termasuk ke dalam sunnah Rasulullah SAW. Karena itulah setiap umat muslim yang telah dirasa mampu dalam hal harta harus melaksanakan pernikahan. Siapapun yang enggan melaksanakan pernikahan, maka mereka bukan termasuk umat Nabi Muhammad SAW.

Hadits Pernikahan dan Perempuan

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الحَرَائِرُ صَلَاحُ الْبَيْتِ وَالْإِمَاءُ فَسَادُ البَيْتِ}.

“Perempuan merdeka itu baiknya rumah, sedangkan budak perempuan itu rusaknya rumah.”
(HR Ad-Dailami dan Ats-Tsa’labi).

Hadits pendek tentang pernikahan ini diriwayatkan oleh imam Ad-Dailami dan juga Ats-Tsa’labi dari sahabat Abu Hurairah r.a.

Hadits Tentang Pernikahan dan Anjuran Menikah

Rasulullah SAW bersabda:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ أرَادَ أنْ يَلْقَى اللهَ طَاهِرًا مُطَهَّرا فَلْيَتَزَوَّجِ الحَرائِرَ}.

“Siapa yang ingin bertemu Allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka menikahlah dengan perempuan yang merdeka.”
Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dari sahabat Anas bin Malik r.a.

Imam An-Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa maksud suci yang ada di dalam hadits pendek tentang pernikahan ini adalah selamat dari dosa-dosa yang berhubungan dengan kemaluan atau zinah.

Hadits Tentang Pernikahan dan Rezeki

Nabi Muhammad SAW bersabda:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {اِلْتَمِسُوا الرِّزْقَ بِالنِّكَاحِ}.

Baca Juga  Inilah 10 Tips Prewedding Murah Hasil Tetap Keren

“Carilah rezeki dengan melakukan pernikahan.”
Hadits pernikahan satu ini diriwayatkan oleh imam Ad-Dailami dari sahabat Ibnu ‘Abbas r.a.

Imam Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa pernikahan dapat menarik keberkahan dan juga membuat seseorang dekat kepada rezeki jika niatnya benar. Pada kenyataannya, pernikahan menjadi amunisi dan semangat untuk para pasutri dalam mencari rezeki lebih giat demi kelangsungan kehidupan mereka.

Keberadaan hadits pendek tentang pernikahan satu ini sangat penting untuk meyakinkan para kaum muda yang masih bimbang dalam pernikahan. Ketahuilah bahwa pernikahan yang dilakukan dengan niat baik, yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT, akan menghadirkan nikmat dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Hadits Tentang Pernikahan dan Ibadah

Dalam suatu hadits Nabi Muhammad SAW bersabda,

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ تَزَوَّجَ فَقَدْ أُعْطِيَ نِصْفَ الْعِبَادَةِ}

“Siapa yang menikah, maka sesungguhnya ia telah diberi setengahnya ibadah.”
Hadits matruk ini diriwayatkan oleh imam Abu Ya’la dari sahabat Anas bin Malik r.a.

Hadits pendek tentang pernikahan ini menegaskan bahwa menikah merupakan ibadah untuk umat muslim. Melakukan pernikahan dengan niat yang baik, maka Allah SWT akan memberikan setengahnya ibadah milikmu.

Hadits Tentang Pernikahan dan Sedekah

Dari Al Miqdam bin Ma’di Kariba, Rasulullah SAW bersabda,

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا أطْعَمْتَ زَوْجَتَكَ فَهُوَ لَكَ صَدَقَةٌ}.

“Apa yang kamu nafkahkan kepada istrimu, maka bagimu hal tersebut adalah sedekah.”
Hadits pendek tentang pernikahan ini diriwayatkan oleh imam Ahmad dan imam Ath-Thabrani.

Dengan begitu, menikah ini menjadi ibadah seumur hidup. Setiap nafkah yang laki-laki berikan kepada istri dalam pernikahan, maka itu akan terhitung sebagai sedekah. Tidak hanya nafkah yang diberikan kepada istri, nafkah yang diberikan kepada anak juga terhitung ke dalam ibadah. Tentunya pahala dalam ibadah ini sangat besar dan tidak terhingga.

Tujuan Menjalankan Pernikahan Dalam Islam untuk Laki-Laki dan Perempuan

Setelah memahami hadits pendek tentang pernikahan, mungkin kini kamu sudah lebih menyadari tujuan dari pernikahan itu sendiri di dalam islam. Beberapa tujuan tersebut meliputi:

  • Menjalankan perintah Allah. Hal ini sesuai dengan Al-Qur’an surah An Nur ayat 23. Disebutkan bahwa pernikahan dalam Islam merupakan perintah dari Allah SWT. Allah menjanjikan karunia untuk mereka yang menjalankan perintahnya ini.
  • Menyempurnakan separuh agama. Masih dalam konteks menjalankan perintah Allah SWT dan rasul-nya, tujuan menikah tentunya juga menjadi wujud dari upaya penyempurnaan agama.
  • Melaksanakan sunah Rasulullah SAW. Pada pembahasan hadits sebelumnya dijelaskan bahwa menikah merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW dan menjalankannya akan memberikan pahala berlimpah.
  • Meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Bagaimana tidak, berumah tangga merupakan simbol dari ‘ladang ibadah’ karena bahkan dalam hubungan suami istri yang sudah halal adalah ibadah yang bernilai pahala.
  • Membentengi diri dan menjaga pandangan. Ini menjadi isu penting yang menjadi tujuan pernikahan agar umat islam dapat terhindar dari zina.
  • Tujuan pernikahan lainnya tentu saja ketenangan hati. Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala pada Al-Qur’an Surah Ar-Ruum ayat 21.
  • Mendapatkan keturunan yang sholeh dan juga sholehah. Ini menjadi tujuan penting dalam pernikahan karena pada dasarnya orang menikah demi melanjutkan keturunan. Hal ini sudah tergambar di dalam firman Allah pada Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 72.
Baca Juga  Rincian Biaya Nikah 20 Juta di Rumah

Itulah berbagai tujuan yang bisa kamu pegang dalam melaksanakan pernikahan. Secara umum tujuan pernikahan ini sebenarnya sudah tercantum di dalam hadits nabi dan juga ayat-ayat Al-Qur’an.

Semua orang pasti ingin menikah satu kali dalam seumur hidupnya, untuk itu kamu perlu memantapkan diri dan mempersiapkan segalanya dengan baik.


Kamu bisa menciptakan perayaan pernikahan sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Tetap ingat bahwa menikahlah dengan niat untuk Allah SWT agar menjadi berkah seperti yang sudah dijelaskan di dalam hadits pendek tentang pernikahan.

1 thought on “7 Hadits Pendek Tentang Pernikahan di Dalam Ajaran Islam”

Leave a Comment