8 Desain Undangan Pernikahan Tema Rustic, Klasik Namun Tetap Elegan

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Desain undangan pernikahan tema rustic adalah salah satu tema alternatif yang cukup populer dan dapat kamu pakai tanpa perlu budget yang besar. Ya, bagi kamu yang berencana untuk menikah dengan konsep rustic, supaya lebih lengkap dan juga sesuai dengan tema, maka undangan juga lebih baik dipilih yang bertemakan rustic. 

“Rustic” sendiri adalah salah satu tema yang biasa dipergunakan untuk keperluan di acara wedding atau pernikahan. Tema rustic ini memang sudah populer semenjak berapa waktu lalu. Tidak sedikit pasangan yang menikah dengan memakai tema satu ini.

Pasalnya, tema rustic ini mampu memberikan kesan yang dekat dan hangat terhadap para tamu undangan yang membacanya. Undangan pernikahan rustic juga memiliki beraneka ragam tipe desain, corak, dan bahan yang menyesuaikan dengan tema kegiatan. Selain itu, tema rustic juga lebih mudah dimodifikasi karena luwesnya corak yang dipergunakan.

Ciri-ciri dan Contoh Desain Undangan Pernikahan Tema Rustic

desain undangan pernikahan tema rustic
Contoh desain undangan pernikahan tema rustic

Secara umum, rustic lebih ikonik dengan warna yang serba coklat. Pada desain undangan pernikahan tema rustic, warna coklat ini bisa ditampakkan cukup pada amplopnya dengan isi kartu dengan warna kontras. Seperti warna putih dengan motif greenery.

Anda juga bisa mencoba opsi yang lain yaitu dengan membaliknya. Untuk kartu undangan dan kartu yang lainnya menggunakan warna dasar coklat. Sementara itu, amplopnya yang warnanya putih polos.

Biasanya pada undangan pernikahan pada tema rustic ini juga menggunakan detail tambahan. Maksud dari detail tambahan ini adalah, contohnya pemakaian perca yang berasal dari bahan lace atau kain goni. 

Ya, pada konsep rustic ini jelas penambahan kain goni sangat cocok dari kesamaan warna coklat. Akan tetapi, pada bahan lace akan memberikan aksen yang berbeda dan terlihat lebih cenderung feminin.

Baca Juga  Contoh Undangan Pernikahan Digital, Hadirkan Desain Unik & Kekinian

Untuk menambah kesan aesthetic pada desain undangan pernikahan tema rustic ini ada juga penambahan tali rami. Masih dengan unsur coklat, tali rami menjadi pilihan tepat sebagai pengikat kartu undangan rustic.

Sementara itu, pada isi kartu undangannya Anda biarkan berbeda dengan memakai desain flowery. Dengan demikian, si penerima undangan pun tidak akan mengira desainnya yang tak berhubungan tema rustic.

Lantas, seperti apa sih, sebenarnya kartu undangan rustic ini? Untuk itu, langsung saja intip beberapa contoh desain undangan perkawinan dengan tema rustic berikut ini, yuk!

1. Letterpress Rustic

Desain undangan pernikahan tema rustic yang pertama yaitu letterpress rustic. Desain ini merupakan perpaduan antara tema rustic dengan teknologi letterpress. Teknologi letterpress ini sendiri dapat kamu aplikasikan pada hampir seluruh tulisan pada undangan.

Selain itu, apabila kamu menambahkan ilustrasi di dalam undangan, kamu juga bisa menggunakan alat letterpress ini untuk membuatnya. Alhasil, kartu undangan pernikahan kamu akan langsung terlihat dengan jelas. 

Sebuah kartu undangan yang unik, kreatif, dan tentunya berbeda dari yang lain. Jangan lupa pula untuk memakai amplop yang sedikit glossy supaya tampak lebih ‘wah’.

2. Bohemian Rustic

Undangan wedding rustic yang bertemakan homemian ini lebih mengutamakan kesan warna jadul, vintage, dan juga klasik. Pada kertas cover untuk kartu undangannya jua sengaja dibuat dengan sedikit lebih kusam dan kumel.

Hal tersebut untuk menambah kesan vintage. Begitu pula dengan talinya yang sudah tampak sedikit usang. Akan tetapi tetaplah berhati-hati! Pasalnya, tidak semua orang paham dengan undangan pernikahan bohemian rustic seperti ini.

Sebab, untuk orang awam, undangan semacam ini justru tampak kusam dan asal dibuatnya.

3. Ruffled Rustic

Referensi desain undangan pernikahan tema rustic selanjutnya adalah ruffled rustic. Tema ruffled rustic ini merupakan salah satu tema undangan rustic yang simple, namun penuh dengan aksen.

Baca Juga  8 Contoh Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

Alasannya adalah, undangan pernikahan ini bukan haya menggunakan amplop dengan corak khas rustic. Tetapi, kartu undangan tersebut kembali dibalut menggunakan bahan sejenis karung. Setelah itu lalu diikat memakai tali.

Sehingga, terciptalah sebuah undangan pernikahan rustic yang hangat. Kamu juga bisa menambahkan aksen dengan meletakkan ornamen berupa burung dan nama samaran kamu.

4. Colorful Rustic

Colorful rustic juga bisa menjadi opsi alternatif untuk desain undangan pernikahan tema rustic kamu. Ya, undangan rustic tidak selamanya hanya menggunakan motif yang semu dan terlihat hitam saja.

Sebab, kamu juga bisa memakai campuran corak yang tampak sedikit lebih cerah lalu tambahkan dengan motif terang yang lainnya. Namun, agar kesan rusticnya tidak luntur dan terus terasa, akan lebih baik jika kamu selalu memakai amplop khas corak rustic yang warnanya sedikit cerah.

Kamu juga bisa menggunakan motif berwarna terang di sekitar envelope liner dan border. Dengan demikian, isi kartu undangan ini lebih bercorak. Selain itu, kamu pun bisa memakai font cursive script untuk menambah aksen.

5. Gorgeous Rustic

Kartu undangan pernikahan rustic seperti ini memang terlihat cukup menawan dan juga memberikan kesan yang bersih nan hangat. Tulisan yang terdapat di kartu undangan pun sengaja dibuat tidak rapat. Sehingga, para penerima tamu undangan lebih gampang membaca informasinya.

Selain itu, wara tulisan maupun warna dasar kartu undangannya, pilihnya yang memiliki tone hangat. Sehingga, kartu undangan tersebut kesannya tidak terlalu formal.

Satu lagi, jika kamu berencana memakai tema ini, harap perhatikan juga pemilihan bahannya. Akan lebih baik kartu undangan ini memakai bahan yang memiliki tekstur lembut supaya kesan cantik bisa kamu dapatkan secara optimal.

Baca Juga  Ide Foto Prewedding Bali Klasik

6. Rustic Calendar

Referensi desain undangan pernikahan tema rustic lainnya adalah rustic calendar. Ya, undangan perkawinan rustic juga dapat kamu variasikan dengan memakai kalender sebagai isi kartu undangan wedding yang kamu gunakan.

Tidak harus kamu isi dengan kalender setahun, melainkan kamu cukup mencantumkan bulan pernikahanmu. Tambahkan dengan sedikit ilustrasi dan berbagi informasi yang sekiranya diperlukan. Seperti dress code dan perihal lainnya. Kreatif dan unik, bukan?

7. DIY Rustic

Jika kamu ingin menghemat budget, Anda dapat mencoba desain undangan pernikahan tema rustic satu ini. Kamu dapat membuat undangan pernikahan rustic single hard cover atau soft cover lalu tambahkan kain renda sebagai penutupnya.

Kain renda ini harganya cukup terjangkau dan bisa dengan mudah kamu temukan di toko-toko terdekat. Jangan lupa buatlah pengikatnya agar kain renda tersebut tidak mudah lepas.

Jika kamu kreatif, undangan wedding yang bagus tidak harus mahal, kok!

8. Laser Cut Rustic

Apa jadinya jika teknologi laser cut dikombinasikan dengan tema undangan wedding rustic? Ya, undangannya akan tampak elegan namun tetap memberikan kesan hangat. Isi dari kartu undangan ini dibuat dengan menggunakan karton yang diukir memakai laser cut.

Hal tersebut bakal memberi kesan elegan, mewah, nan hangat. Sehingga kartu undangan pernikahan kamu menjadi tampak lebih rapi, resik, dan bersih.

Setiap perayaan pernikahan memang tak akan terlepas dari yang namanya undangan ini. Desain undangan perkawinan memang terdiri dari begitu banyak jenis, model, dan juga ukuran yang beraneka ragam. Nah, disinilah peran dari desainer untuk bisa mewujudkan keinginan para konsumen atau melakukan desain terhadap undangan pernikahan mereka.


Kartu undangan pernikahan tema rustic ini cocok dipakai untuk kamu yang ingin pesta kecil dan menginginkan para tamu berinteraksi secara intim. Untuk urusan desain undangan pernikahan tema rustic ini percayakan saja kepada ahlinya yaitu Satu Momen!

Leave a Comment