Contoh Undangan Pernikahan Digital, Hadirkan Desain Unik & Kekinian

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Contoh undangan pernikahan digital menarik untuk kamu simak. Pernikahan merupakan salah satu momen berharga dalam hidup seseorang. Selain untuk membuka gerbang kehidupan baru bersama kekasih tercinta. Pernikahan juga menjadi waktu yang sakral, untuk silaturahmi antar keluarga kedua belah pihak.

Meski begitu, sebelum acara pernikahan berlangsung, kamu tentu mempersiapkan berbagai hal. Sebut saja gedung, catering, gaun, penata rias, seragam, hingga undangan pernikahan. Tujuannya untuk menentukan tamu mana saja yang akan menghadiri acara sakral tersebut.

Ini Dia Keunggulan dan Contoh Undangan Pernikahan Digital

Konsep undangan pernikahan memang ada banyak sekali. Bisa kamu perhatikan beberapa undangan zaman dahulu yang menggunakan kertas dan dibagikan dari rumah ke rumah. Seiring dengan perkembangan zaman, nyatanya undangan semacam itu dianggap kurang efektif.

Kini, bentuk undangan pernikahan semakin simpel dan modern. Salah satunya dengan memanfaatkan media digital dan dibagikan secara online. Sebelum mengetahui seperti apa contoh undangan pernikahan digital. Berikut kami paparkan keuntungan menggunakan konsep undangan digital untuk acara pernikahan kamu.

1. Lebih Terjangkau

Menggelar acara pernikahan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika acara tersebut relatif besar, maka uang yang harus kamu siapkan juga lebih banyak. Padahal, setelah menikah masih membutuhkan biaya hidup.

Tentunya, kamu harus bijak dalam mengatur keuangan ketika merencanakan pesta pernikahan. Sehingga tidak sampai terlilit hutang untuk melunasi biaya nikah. Perlu kamu ketahui, membuat undangan digital untuk dibagikan kepada calon tamu, ternyata bisa membantu meminimalisir anggaran.

Baca Juga  Undangan Nikah Online atau Digital, Simak Berbagai Kelebihannya!

Hal ini tentu sangat berbeda dengan undangan kertas yang harus mencetak sesuai jumlah calon tamu. Undangan digital terbukti lebih terjangkau dan menjadi solusi terbaik jika kamu ingin mengirimkannya kepada ratusan orang. Karena hanya perlu sekali cetak dan bayar, undangan tersebut bisa langsung dibagikan kepada teman, tetangga, hingga saudara yang rumahnya jauh.

2. Waktu Kirim Sangat Fleksibel

Undangan kertas memerlukan proses pengiriman yang panjang, bisa sampai berhari-hari bahkan mingguan. Apalagi jika jumlah undangan yang harus dibagikan mencapai ratusan atau ribuan. Kendala cuaca serta keterbatasan tenaga seseorang yang membagikan tentu bisa sangat menghambat.

Belum lagi undangan yang harus dibagikan kepada saudara atau teman di luar daerah. Bisa kamu bayangkan betapa repotnya, padahal hari-hari menuju pernikahan semakin dekat. Karena itu, adanya undangan digital bisa sangat membantu.

Proses membagikan undangan dengan cara online, membuat kamu semakin leluasa melakukannya dimanapun dan kapan saja. Tidak ada lagi kendala cuaca maupun keterbatasan jarak dan waktu. Para tamu undangan juga semakin mudah mengaksesnya cukup dengan sekali klik.

3. Konsep yang Komunikatif dan Mudah Dipahami

Undangan digital memiliki tatanan serta konsep yang sangat terstruktur. Mulai dari keterangan nama, alamat, waktu terselenggaranya acara, hingga adanya fitur Google Maps. Sehingga para calon tamu akan lebih mudah membaca undangan tersebut.

Berbeda dengan undangan kertas yang hanya mencantumkan denah, tentu akan lebih sulit pembaca pahami. Apalagi, lokasi dalam denah sifatnya terbatas pada suatu kawasan saja. Para tamu yang berasal dari luar daerah bisa kebingungan memahaminya.

4. Meminimalisir Risiko Rusak atau Hilang

Pernah mendapat selebaran undangan, namun ketika akan dibaca justru tidak ada atau kertasnya rusak? Nah, undangan digital bisa menjadi solusi untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut. Dengan undangan digital, calon tamu hanya perlu klik pada link yang dibagikan. Maka informasi di dalam undangan bisa langsung muncul.

Baca Juga  7 Tips Mengirim Undangan Online Agar Tetap Sopan

5. Lebih Ramah Lingkungan

Sampah undangan kertas
Sampah undangan kertas

Pernahkah kamu menemukan cetakan undangan kertas yang dibiarkan berserakan atau justru malah dibakar? Tentu sangat menyedihkan sudah mencetak ratusan lembar undangan dengan biaya yang tidak murah, tapi akhirnya hanya terbuang sia-sia. Karena itu, menggunakan undangan digital tentunya bisa mencegah hal tersebut.

File undangan tetap aman dan tersimpan dengan baik di folder ponsel para tamu, maupun di penyimpanan online Google. Selain itu, undangannya masih bisa kamu akses kembali untuk mengenang masa-masa awal pernikahan. Meskipun momen indah itu sudah terlewati bertahun-tahun kemudian.

6. Desain Unik dan Anti Mainstream

Desain undangan yang monoton dan cenderung itu-itu saja tentu sangat membosankan. Apalagi jika konsep yang dihadirkan cenderung kuno, membuat penerima bisa enggan membacanya. Dengan menggunakan undangan digital, maka desainnya semakin variatif. Konsepnya juga jauh lebih kekinian.

Selain itu, kamu bisa request desain sesuai keinginan. Tidak masalah jika ingin memberikan kombinasi warna maupun gambar pendukung seperti foto prewedding. Karena hal tersebut tentu bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Contoh Undangan Pernikahan Digital yang Unik dan Menarik

Setelah memahami uraian kelebihan di atas, apakah kamu menjadi tertarik melengkapi momen pernikahan dengan undangan digital? Jika iya, silakan simak beberapa contoh undangan pernikahan digital berikut ini sebagai bahan referensi.

1. Undangan Digital Tema Adat

Contoh undangan pernikahan digital tema adat
Contoh undangan pernikahan digital tema adat

Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya di setiap daerah. Konsep pernikahan masyarakatnya pun tak lepas dari adat di tempat tinggal mereka. Karena itu, pembuatan undangan digital juga bisa kamu sesuaikan dengan adat.

Sebut saja tema adat Jawa, Aceh, Lampung, Banjar, hingga Bugis. Corak serta ornamen yang ditambahkan di undangan tersebut juga bisa disesuaikan. Sehingga kesan adatnya tetap menonjol, tanpa menyamarkan informasi yang termuat di dalam undangan.

Baca Juga  Desain Website Undangan Online Bali

2. Undangan Digital Tema Pink Korea

Contoh undangan pernikahan digital korea
Contoh undangan digital korea

Belakangan ini, konsep pernikahan Korea turut menjadi inspirasi yang luar biasa. Tidak hanya dari segi busana serta dekorasi saja, namun juga desain undangan pernikahan. Undangan digital tema pink korea umumnya memiliki desain yang sangat sederhana.

Warnanya cenderung soft, dengan sedikit tambahan bunga-bunga untuk menambah kesan romantis. Selain itu, calon pengantin turut menyertakan foto prewedding dengan gaun putih dan jas di dalam undangan.

3. Undangan Digital Tema Black & White

Contoh undangan digital pernikahan tema black & white
Contoh undangan digital tema black & white

Beberapa orang lebih memilih konsep hitam putih di undangan digital mereka. Meski cenderung minim warna, namun nyatanya konsep ini tidaklah buruk. Pasalnya, undangan dengan tema hitam dan putih bisa terlihat semakin keren dan artistik. Selain itu, desainnya tampak menawan dan jauh lebih rapi.

4. Undangan Digital Tema White Gold

Kombinasi warna putih dan kuning keemasan, menjadi salah satu ide undangan digital yang mewah. Meski begitu, jika kamu ingin konsepnya lebih natural dan minimalis, kombinasi dua warna ini tidak akan terlalu mencolok. Tampilan informasinya juga semakin luwes dan nyaman untuk dibaca.

5. Undangan Digital Tema Wedding Passport

Contoh undangan pernikahan digital satu ini memang terbilang unik. Pasalnya, tampilan undangan menyerupai dokumen passport. Desain ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin membuat undangan anti mainstream.

6. Undangan Digital Tema Sage Green

Sage adalah kombinasi warna abu-abu dan hijau yang sedikit menyerupai daun kering. Kombinasi warna ini banyak sekali diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan, seperti desain rumah hingga undangan pernikahan digital. Warnanya yang teduh, mampu memberi kesan sederhana namun tetap mengesankan.


Nah, itulah beberapa uraian tentang contoh undangan pernikahan digital. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi, terutama untuk kamu yang sedang bingung mencari tema undangan terbaik.

Leave a Comment