6 Ayat Tentang Pernikahan Sakinah, Sarat Akan Amanah

Bagikan Tulisan Ini

satumomen.com – Ayat tentang pernikahan Sakinah sering kita jumpai di halaman undangan pernikahan. Selain sakinah, petikan ayat juga menjelaskan pernikahan mawaddah dan rahmah.

Penyematan ayat bukan tanpa alasan. Tujuannya tak lain adalah agar setiap pasangan yang baru atau sudah, harus selalu menjalani biduk rumah tangga sesuai ketentuan hidup.

Pernikahan sakinah merupakan impian terbesar setiap pasangan. Meski tak mengenal istilah pacaran dalam agama Islam, tetapi setelah hidup berumah tangga suami istri harus memiliki tekad untuk mencapai kebahagiaan hidup, ketentraman jiwa, serta kerukunan.

Kumpulan Ayat Tentang Pernikahan Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah

Bagi muslim, Al Quran merupakan pedoman hidup manusia. Tak sedikit ayat tentang pernikahan sakinah di Al Quran yang bisa menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Sebagai pedoman hidup maka Al Quran berkedudukan menjadi sumber dari segala sumber hukum dan umat muslim wajib mematuhinya.

Menikah merupakan salah satu perintah agama yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim. Hal ini berlaku bagi mereka yang sudah mampu secara fisik dan ekonominya.

Berikut ini merupakan petikan ayat-ayat yang sarat hubungannya dengan yang namanya pernikahan.

ayat tentang pernikahan sakinah
Ayat tentang pernikahan sakinah – (unsplash.com)

1. Al Qur’anul Karim Surah Ar Rum Ayat 21

Kita sering mendengar lantunan penggalan ayat Al Qur’an di surah Ar Rum ayat 21 ketika menghadiri pengajian bertema kehidupan berumah tangga. Cuplikan ayat tentang pernikahan sakinah ini begitu populer. Saking populernya, beberapa surat undangan juga mencantumkannya.

Bunyi ayat tersebut adalah sebagai berikut:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ – ٢١

Baca Juga  6 Hal Fatal Dalam Undangan Pernikahan

Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar Rum ayat 21).

Ayat tentang pernikahan sakinah tersebut mengandung makna penegasan bahwa dengan menikah, maka hati suami istri akan menjadi tentram. Hal ini karena pasangan yang telah menikah akan terjaga dari perbuatan maksiat, yaitu zina. Bila hati menjadi tentram dan terhindar dari zina, maka meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT.

2. Surah Al Baqarah Ayat 221

Ayat tentang pernikahan sakinah selanjutnya supaya kehidupan rumah tangga menjadi sakinah ada dalam Al Baqarah ayat 221.  Secara garis besar, ayat tersebut menegaskan adanya larangan menikah dengan orang musyrik, baik itu laki-laki maupun perempuan. Perbuatan menyekutukan Allah adalah hal yang tidak baik.

Adapun penggalan ayat 221 surah Al Baqarah adalah:

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ ۗ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ ۚ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا ۗ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ ۗ اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ ۖ وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِهٖۚ وَيُبَيِّنُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ

Artinya: Dan janganlah kamu menikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran.

Bila mengkaji lebih dalam maka makna yang tersirat dalam penggalan ayat 221 adalah larangan keras menikah dengan mereka yang beda agama. Alasan ini cukup logis yaitu agar keimanan mereka tidak mudah goyah. Tips buat yang baru cari jodoh, usahakan cari yang seiman.

Baca Juga  8 Desain Undangan Pernikahan Tema Rustic, Klasik Namun Tetap Elegan

3. Surat An Nahl Ayat 72

Hal sekecil apapun ketika menikah bisa memiliki nilai ibadah, misalnya mencari nafkah. Bagi kamu yang takut menikah karena khawatir tidak bisa menghidupi anak istri, silakan baca firman Allah SWT di surah An Nahl ayat 72. Bunyi ayat tersebut adalah:

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْ يَكْفُرُوْنَۙ

Artinya: Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?

Ingatlah bahwa jodoh, rezeki, dan maut merupakan kuasa Allah SWT. Bila kamu menunda menikah atau sama sekali takut menikah karena masalah finansial, itu merupakan alasan konyol karena jelas dalam surah An Nahl ayat 72 Allah SWT telah mengatur rezeki untuk setiap pasangan yang terikat dalam pernikahan.

Ingatlah jika ada 8 pintu rezeki yang tertulis dalam Al Quran dan salah satunya adalah lewat menikah. Semua perkataan Allah SWT adalah benar. Allah akan menjamin seluruh rezekinya.

4. Surah Al Furqan Ayat 74

Pernikahan sakinah merujuk pada ketentraman, ketenangan, keamanan, serta kedamaian yang tumbuh di dalam anggota keluarga. Ayat 74 surat Al Furqan merupakan doa Nabi Ibrahim.

Didalamnya terkandung makna agar selalu mendoakan setiap anggota keluarga supaya memiliki pribadi penyayang seperti yang menjadi tujuan pernikahan sakinah.

Bunyi ayatnya adalah:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا 

Artinya: Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Bila menginginkan potret keluarga yang selalu memiliki kehangatan dan kasih sayang, sebaiknya rutin membaca ayat tentang pernikahan sakinah tersebut. Bagi yang masih travelling berikhtiar mencari jodoh, tak ada salahnya mengamalkan membacanya.

Baca Juga  6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Undangan Pernikahan

5. Surah An Nisa Ayat 1

Pernikahan sakinah selalu menanamkan kasih sayang. Dan hal tersebut termaktub di Surah An Nisa ayat 1.

Bunyi ayatnya adalah:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

6. Hadist Nabi Muhammad SAW

Selain ayat Al Quran, ada juga hadits Baginda Rasul tentang pernikahan. Dari 4 alasan menikah, hadist berikut menganjurkan laki-laki untuk menikahi perempuan yang agamanya baik.

تُنۡكَحُ الۡمَرۡأَةُ لِأَرۡبَعٍ: لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا، فَاظۡفَرۡ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتۡ يَدَاكَ

Artinya: Wanita dinikahi karena empat hal yaitu karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka, pilihlah wanita yang memiliki agama yang baik, kalau tidak, kedua tanganmu celaka

Dengan menikahi wanita yang baik agamanya maka baik pula akhlaknya. Ingatlah bahwa Islam merupakan agama yang penuh kasih sayang, dan kamu bisa mendapatkannya dari perempuan yang cantik agamanya.


Berdasar ayat tentang pernikahan sakinah dalam ulasan tadi, apakah sudah memantapkan hati untuk segera menghalalkan pasanganmu? Bermunajatlah pada Allah dan yakinkan diri jika dia adalah jodoh terbaik untukmu.

Leave a Comment